Kemampuan Literasi Musti Dimiliki Para Siswa

BERITAKALTENG.com – SAMPIT – Kemampuan literasi dan numerasi menjadi salah satu prioritas dalam pembangunan pendidikan, khususnya pada era ini pendidikan yang sudah lebih mudah di akses harus diimbangi dengan kemampuan literasi dan numerasi.

“Komitmen terhadap pembelajaran dasar harus menjadi prioritas yang mendesak agar perubahan segera terjadi dan dapat diterjemahkan ke dalam perencanaan anggaran dan program,” kata Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Irfansyah, Selasa 11 April 2023.

Selain itu, ujarnya, perlu juga dilakukan pengukuran pembelajaran secara berkala, yakni bukan untuk menentukan lulus atau tidaknya siswa, bagus atau tidaknya kualitas sekolah, melainkan untuk mengetahui apakah siswa sudah menguasai kemampuan sesuai dengan jenjang pendidikan yang mereka tempuh.

“Di tingkat kelas, asesmen diperlukan untuk melihat kemajuan pembelajaran tiap siswa. Hal ini penting dilakukan karena berdasarkan analisis penelitian, jika anak-anak tidak menguasai kemampuan dasar numerasi pada kelas 6, maka kemungkinan besar mereka tidak akan pernah menguasainya meski terus naik kelas,” ungkapnya.

Tambahnya, tujuan asesmen yang baik adalah untuk memberi informasi sedini mungkin kualitas pembelajaran yang sedang berlangsung.

“Tes yang digunakan dalam asesmen harus dapat membandingkan kemajuan belajar siswa secara berkala bukan yang bersifat penilaian di akhir pembelajaran. Oleh karena itu, mindset dari guru, sekolah, serta Pemerintah juga perlu diubah dari yang sebelumnya Assessment of Learning menjadi Assessment for Learning. Di tingkat sekolah dan daerah, asesmen penting untuk menilai kinerja sistem pendidikan secara lebih luas,” jelasnya.

Dengan begitu, ujarnya, pembuat kebijakan dapat menentukan intervensi yang tepat untuk membantu para siswa agar dapat belajar sesuai dengan tujuan pendidikan. (agg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: