Pembelajaran Online Dinilai Berdampak Positif

BERITAKALTENG.com – SAMPIT – Terlepas dari dampak negatif yang telah kita alami selama pandemi COVID-19, ternyata mempunyai sisi positifnya juga karena melalui perkembangan teknologi yang semakin cepat, menghadirkan banyak sekali peluang baru bagi sektor pendidikan dan juga ekonomi.

“Karena mayoritas aktivitas dari masyarakat sudah mulai beralih ke dunia digital. Akibatnya, sumber daya yang dibutuhkan saat era digital seperti saat ini semakin banyak peluangnya yang bisa kita manfaatkan,” kata Kepala SMPN 2 Sampit, Abdurrahman, Kamis 16 Maret 2023.

Lanjutnya, situasi ini membawa banyak inovasi pembelajaran digital dan investasi dalam teknologi pendidikan (EdTech), tetapi juga memperluas ketidakadilan yang ada dalam pendidikan bagi banyak siswa sehingga menjadikan kondisi ini sebagai tantangan yang tidak dapat dihindari.

“Karena tidak semua sekolah mampu memfasilitasi pembelajaran secara online atau dalam jaringan, begitu juga dengan gurunya. Tidak semua paham menggunakan teknologi saat ini,” ucapnya.

Namun demikian, kata Abdurrahman, di sekolahnya sendiri rata-rata peserta didik menggunakan handphone sendiri ketika melaksanakan pembelajaran secara online, sehingga pembelajaran bisa dilakukan lebih cepat dan efektif.

“Penilaiannya juga lebih akurat, karena anak-anak bisa menginput sendiri jawaban dan melihat sendiri nilai mereka pada aplikasi yang sudah disediakan. Mau tidak mau kemajuan teknologi memang harus kita pelajari, karena memang akan dibutuhkan dimasa yang akan datang, begitu juga peserta didik dan guru harus cakap menggunakan teknologi,” tegasnya. (arl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: