Pelajar Dituntut Miliki Berbagai Kemampuan

BERITAKALTENG.com – SAMPIT – Di jaman ini, beragam keterampilan diperlukan agar dapat bertahan di tengah gempuran perkembangan zaman dan teknologi yang terus maju, sehingga mengharuskan manusia untuk ikut berkembang dan mempelajari ilmu baru.

“Manusia yang akan sukses di abad 21 adalah orang-orang yang kreatif dan memiliki keberagaman ide. Sehingga, dalam dimensi kreatif ini, gurunya pun harus kreatif,” kata Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur (Kotim), Suyoso, Rabu 15 Maret 2023.

Tidak hanya mengharapkan kemampuan siswa pada level mendeskripsikan sesuatu, namun bagaimana siswa mampu mengembangkan, melaksanakan, dan menyampaikan gagasan-gagasan baru kepada yang lain; bersikap terbuka dan responsif terhadap perspektif baru dan berbeda.

“Di abad ini juga, siswa yang mampu bertahan adalah yang bisa berkomunikasi dengan berbagai cara, baik tertulis maupun verbal. Siswa dituntut untuk memahami, mengelola, dan menciptakan komunikasi yang efektif dalam berbagai bentuk dan isi secara lisan, tulisan, dan multimedia,” ujarnya.

Siswa diberikan kesempatan menggunakan kemampuannya untuk mengutarakan ide-idenya, baik itu pada saat berdiskusi dengan teman-temannya maupun ketika menyelesaikan masalah dari gurunya.

“Siswa tidak boleh lagi anti ICT, mereka harus biasa dengan komunikasi yang berteknologi. Demikian juga gurunya. Karena teknologi saat ini sudah mengambil peran dalam semua lini kehidupan termasuk dunia pendidikan,” tegasnya. (arl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: