Pendidikan Dinilai Jadi Solusi Kemiskinan

BERITAKALTENG.com – SAMPIT – Pendidikan dinilai dapat menekan angka kemiskinan, khususnya di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) yang sekarang ini tengah menyusun Peraturan Daerah (Perda) tentang bantuan pendidikan bagi masyarakat kurang mampu.

“Ini bisa menjadi solusi untuk menekan angka kemiskinan di daerah kita, penyebab kemiskinan adalah minimnya ketersediaan lapangan kerja sehingga menimbulkan banyaknya pengangguran, masih rendahnya tingkat pendidikan, dan belum meratanya pembangunan di setiap daerah,” kata salah seorang guru di Kotim, Wulandari, Jumat 3 Maret 2023.

Lanjutnya, perlu adanya perhatian khusus dari Pemda dalam memberikan pendidikan ke masyarakat yang kurang mampu. Contohnya dengan memberikan beasiswa kepada pelajar kurang mampu.

“Bisa mulai dari tingkat SD, SMP, SMA sederajat, bahkan sampai jenjang kuliah. Sehingga anak-anak inilah nantinya yang akan menciptakan lapangan kerja baru di daerah ini,” tegasnya.

Sementara itu, anggota DPRD Kotim, Riskon Fabiansyah menyebutkan, kebijakan yang diciptakan harus menyentuh kepada kepentingan masyarakat khususnya di bidang pendidikan ini.

“Diharapkan adanya perda ini nantinya menjadi regulasi baru yang mengatur bantuan yang diberikan di bidang pendidikan, sehingga masyarakat dari berbagai kalangan bisa mengenyam pendidikan secara merata dan dapat meningkatkan kualitas diri mereka sehingga tercipta SDM yang unggul,” pungkasnya. (arl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: