FOTO : Kepala Dinas Pendidikan Kotim, Susiawati.

Sebanyak Empat Sekolah Bakal Berstatus Negeri

BERITAKALTENG.com – SAMPIT – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) akan mengalihkan status empat satuan pendidikan menjadi negeri. Itu untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah tersebut.

“Insya Allah dalam waktu dekat ada empat sekolah yang akan kami ubah statusnya dari swasta menjadi negeri,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Susiawati, Selasa 10 Januari 2023.

Sekolah tersebut yakni Sekolah Dasar Swasta (SDS) Pantap Kecamatan Mentaya Hulu, SDS Rantau Siang, SDS Rantau Sawang Kecamatan Telaga Antang dan SDS Kandan Kecamatan Kota Besi.

“Sebenarnya penggagas satuan pendidikan ini semuanya pemerintah daerah. Tapi karena keterbatasan anggaran akhirnya dikelola di bawah yayasan. Karena melihat kondisinya sekarang mati segan hidup tak mau itu akan diambil alih Pemda,” ujarnya.

Dijelaskan, pihak yayasan sekolah tersebut dinilai kesulitan untuk mengembangkan sekolahnya karena keterbatasan anggaran. Terutama untuk membayar tenaga pendidik yang rata-rata adalah tenaga kontrak. Meski sebagian sudah di dukung oleh pemda.

“Begitu kita back up melalui program yang ada di Disdik, sekolah tersebut tidak lagi mati segan hidup tak mau. Ini dilakukan lantaran kami menjaga peserta didiknya. Kalau dibiarkan takutnya anak-anak di wilayah itu tidak lagi sekolah. Karena sekolah lain cukup jauh. Apalagi rata-rata disekolah itu jumlah siswanya memenuhi rombongan belajarnya terpenuhi. Makanya hanya pemda yang bisa penyelamatnya dengan mengubah swasta menjadi negeri,” sebutnya. (arl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: