FOTO : ILustrasi pembelajaran tatap muka.

Para Siswa Diminta Praktikan Prokes di Sekolah

BERITAKALTENG.com – SAMPIT – Protokol Kesehatan (Prokes) di sekolah ternyata berbeda dengan yang berada di lingkungan masyarakat. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), dr. Noorliyana.

“Sekolah yang belum memiliki sarana prasarana pendukung kantin sehat yang memadai, dapat mengoptimalkan sarana prasarana yang dimiliki dengan memperhatikan kebersihan perorangan, kebersihan lingkungan, dan keamanan pangan,” ucapnya, Selasa 10 Januari 2023.

Selama pandemi Covid-19, kantin harus memperhatikan prokes yakni menggunakan masker di area kantin, ketika makan tidak berbicara satu sama lain.

“Kemudian mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan, menjaga jarak dengan cara mengatur meja dan kursi, serta alur keluar masuk kantin dan alat makan selalu dalam keadaan terlindung,” tegasnya.

Terpisah, Plt Kepada Dinas Pendidikan (Disdik) Kotim Susiawati mengakui, saat ini memang masih ada sejumlah sekolah yang belum memperhatikan betul kondisi kantin sekolah.

“Terdapat beberapa indikator yang bisa dijadikan acuan oleh sekolah untuk mengukur tercapaianya setiap komponen penyelenggaraan kantin dan jajanan sehat di sekolah, salah satunya penggunaan celemek dan tutup kepala petugas kantin,” ucapnya. (arl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: