SMPN 9 Sampit Manfaatkan Lahan Sekolah untuk Berkebun

BERITAKALTENG.com – SAMPIT – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 9 Sampit mengajak siswa/i nya memanfaatkan lahan kosong di sekolah dengan cara berkebun, yakni menanam beragam sayur-sayuran.

“Kegiatan berkebun ini kita lakukan sejak 2022 lalu, dan terus berlanjut hingga 2023 ini. Bahkan hasil panennya sudah kita rasakan bersama dan diikutsertakan pameran gebyar merdeka belajar pada akhir tahun 2022 di Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim),” kata Kepala SMPN 9 Sampit, Supriyono, Kamis 5 Januari 2023.

Menurutnya, pihaknya melakukan panen bersama dengan peserta didik pada 27 Desember 2022,, dan sebagian dibagikan untuk peserta didik, sementara sebagian lagi diikutkan pameran gebyar merdeka.

“Ada kangkung, tomat, cabai, bayam, buncis sama jagung. Semuanya sudah kita panen dan rasakan hasilnya. Ternyata anak-anak juga tidak kalah lihainya berkebun seperti petani-petani handal,” ucapnya bangga.

Menurutnya, aksi nyata berkebun yakni membuka lahan di sekolah tersebut dalam rangka mengajak anak-anak untuk belajar di alam nyata dan belajar tentang kehidupan.

“Setiap kelas memiliki lahan masing-masing, jadi hasil panennya juga mereka sendiri yang nantinya memanen dan dibagi-bagikan bersama wali kelasnya. Sehingga dari satu kegiatan ini manfaatnya sangat banyak, selain untuk pembelajaran praktek, anak-anak juga merasakan kesenangan serta bisa merasakan hasil panen tanaman mereka sendiri,” ucapnya. (arl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: