Di 2022 Inspektorat Katingan Bakal Utamakan Jasa Konsultasi Terkait Dana Desa

Kasongan – Plt Inspektur Kabupaten Katingan, Dedy Feras menuturkan di 2022 pihaknya akan lebih mengutamakan jasa konsultasi kepada pihak desa terkait anggaran dana desa atau ADD yang bersumber dari pemerintah daerah dan dana desa atau DD bersumber dari pemerintah pusat.

“Untuk audit tahun ini sudah ada tim dari Inspektorat Katingan turun ke kecamatan dan desa terkait dana desa dan add,” sebutnya, Selasa (16/11/2021).

Sementara untuk tahun anggaran 2022 akan diutamakan untuk konsultasi atau jasa konsultasi kepada desa terkait penggunaan anggaran dana desa maupun dana desa.

Dedy mengatakan jika  tujuan pemdampingan itu untuk mengurangi temuan penggunaan dana desa maupun aanggaean dana desa. “Jadi kita berusaha tidak hanya mengaudit tapi juga membina untuk membimbing mereka dari awal,” ujarnya.

Sehingga diharapkan pada saat pihaknya melakukan audit sudah bagus, baik penggunaan anggaran APBDes atau pelaksanaan kegiatannya.
Pasalnya tidak semua kepala desa memiliki SDM yang cukup.

“Makanya perlu adanya pendampingan dan itu memang ada tugas pokok Inspektorat terkait itu selain audit kita adakan jasa konsuktasinya,” imbuhnya.

(tri)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: