BPN Kalteng Gelar Upacara HANTARU 2024 di Halaman Kantor

Palangka Raya, Beritakalteng.comKantor Wilayah BPN Provinsi Kalimantan Tengah mengadakan Upacara Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional (HANTARU) 2024 di halaman kantor. Acara ini dihadiri oleh pegawai dan perwakilan dari 14 Kantor Pertanahan di provinsi. Ibu Ir. Fitriyani Hasibuan, sebagai Kepala Kantor, bertindak sebagai Inspektur Upacara, menandai puncak peringatan HANTARU tahun ini.

Dia juga mengatakan sejak 20 September 2024, peringatan HANTARU telah diwarnai dengan berbagai kegiatan seperti lomba olahraga, mulai dari bola voli, tenis meja, catur, badminton, hingga biliar. Selain itu, lomba hiburan, Senam Pagi Bersama, dan Jalan Sehat juga turut menyemarakkan peringatan ini, dengan tujuan mempererat kebersamaan dan kerja sama di lingkungan BPN.

“Sementara itu masih Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional merupakan refleksi dari Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Pokok-Pokok Agraria, yang menjadi dasar pengaturan agraria di Indonesia.

Lebih lanjut, Dia juga menjelaskan Peringatan ini juga mencakup Hari Tata Ruang Nasional, diadopsi dari World Town Planning Day yang dirayakan pertama kali pada 8 November 1949. Melalui Keputusan Presiden Nomor 28 Tahun 2013, pemerintah menetapkan hari ini untuk memperkuat pengaturan tata ruang.

“Dengan tema “Semangat HANTARU, Pembangunan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas 2045,” acara ini bertujuan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya tata kelola agraria dan tata ruang yang adil,”ucapnya dia lagi. Selasa (24/9/2024)

Diketahui, Dia juga menyebutkan bahwa Peringatan HANTARU mendukung program prioritas Kementerian ATR/BPN dan berusaha mewujudkan pengelolaan pertanahan yang berkualitas tinggi demi visi Indonesia Emas 2045.

Pada kesempatan ini, BPN Kalimantan Tengah melaporkan capaian Program Strategis Nasional (PSN) untuk tahun 2024. Hingga kini, mereka telah memetakan tanah seluas 105.416,30 hektar dan menerbitkan 28.511 Sertipikat Hak Atas Tanah (SHAT), serta 537 sertipikat Redistribusi Tanah di berbagai wilayah provinsi.

“Selain itu, Sertipikat Elektronik telah berhasil diterapkan di seluruh Kantor Pertanahan se-Kalimantan Tengah, mencakup 1 kota dan 13 kabupaten. Saat ini, telah diterbitkan sebanyak 8.307 Sertipikat Elektronik,”ujarnya.

“Peringatan ini diakhiri dengan penyerahan penghargaan kepada para pemenang lomba dan foto bersama peserta upacara. Semangat kebersamaan dan komitmen BPN Kalimantan Tengah dalam mendukung pembangunan berkelanjutan serta pelayanan terbaik kepada masyarakat sangat terlihat,”tandasnya. (Ngel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: