FOTO : Ketua KPU Kobar, Chaidir saat memberikan sambutan dalam rapat pleno penetapan DPT, di Ballroom, Hotel Brits, Pangkalan Bun, Sabtu (21/9/2024).

KPU Kobar Gelar Penetapan DPT Pilkada 2024

 

BERITAKALTENG.com – PANGKALAN BUN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotawaringin Barat (Kobar) melaksanakan rapat pleno terbuka membahas rekapitulasi dan penetapan daftar pemilih tetap (DPT). Kegiatan ini bertempat di Ballroom Hotel Brits, Pangkalan Bun, Sabtu (21/9/2024).

Adapun penetapan DPT ini untuk penyelenggaraan Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Kalimantan Tengah dan Pemilihan Bupati/Wakil Bupati Kobar, dalam Pilkada serentak tahun 2024.

Ketua KPU Kobar, Chaidir dalam sambutannya mengatakan, penetapan daftar pemilih tetap ini adalah momen penting dalam tahapan yang mana merupakan ruhnya dalam penyelenggaraan Pilkada 2024.

“Jadi biasanya kalau terjadi perkara itu, yang pertama adalah terkait masalah daftar pemilih,” kata Chaidir.

Oleh karena itu, Ia sampaikan bahwa dalam memastikan akurasi data pemilih para petugas yang berjuang mendapatkan data di lapangan. Walaupun dengan ancaman yang cukup membahayakan bagi keselamatan saat bertugas.

“Dalam upaya ini, para petugas yang mendatangi setiap rumah, termasuk di lokasi terpencil, demi mendapatkan data berkualitas yang akurat dan lengkap untuk seluruh masyarakat yang memiliki hak memilih,” ungkap Chaidir.

Kemudian Ketua KPU Kobar, Chaidir mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam memenuhi data pemilih di enam kecamatan di Kabupaten Kotawaringin Barat.

“Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada petugas kami yang telah melaksanakan tugas, khususnya kepada rekan-rekan PPS, PPK, dan seluruh pemerintah daerah Kabupaten Kotawaringin Barat yang telah mendukung sehingga terlaksananya tahapan penetapan DPT ini,” tuturnya.

Chaidir menjelaskan bahwa sebelum pelaksanaan penetapan daftar pemilih tetap ini beberapa tahapan yang telah dilaksanakan pihaknya. Di antaranya, melaksanakan rekapitulasi dan penetapan DPS hasil perbaikan dan juga pihaknya mengumumkan untuk mendapatkan tanggapan dari masyarakat hingga menjelang penetapan DPT.

“Jadi semua prosedur yang disyaratkan berdasarkan undang-undang maupun Peraturan KPU dan prosedur lainnya sudah kami lakukan,” tambahnya.

Ketua KPU Kobar mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga silaturahmi dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024. Walaupun adanya perbedaan pilihan politik, hubungan persaudaraan tetap rukun.

“Berbeda-beda pilihan dan mungkin terkotak-kotak dalam hal dukungan, kita terus menjaga persaudaraan dan menjalin silaturahmi. Dan juga menjaga ucapan dan perilaku, sehingga tidak memicu suasana yang tidak kondusif,” pungkasnya.

Hadir dalam acara ini, Komisioner KPU Kobar dan Jajaran, Ketua Bawaslu Kobar, Forkopimda, PPS, PPK, Perwakilan dari Partai Politik, Perwakilan dari Tim Sukses Bakal Pasangan Calon Gubernur/Wakil Gubernur dan Bupati/Wakil Bupati. (rdn/aga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: