FOTO : Ketua KPU Kobar, Chaidir saat menyerahkan Berita Acara Penetapan DPT, di Ballroom, Hotel Brits, Pangkalan Bun, Sabtu (21/9/2024).

DPT Pilkada Serentak 2024 di Kobar Sebanyak 201.834 Jiwa

 

BERITAKALTENG.com – PANGKALAN BUN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotawaringin Barat (Kobar) melaksanakan rapat pleno terbuka membahas rekapitulasi dan penetapan daftar pemilih tetap tetap (DPT) pada penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Barat tahun 2024.

Rapat pleno yang dimulai dari Jam 09.00 WIB melalui proses panjang, hal ini adanya data yang harus direvisi hingga rapat diskor beberapa kali. Akhirnya selesai Jam 15.00 WIB. Acara berlangsung di Ballroom, Hotel Brits, Pangkalan Bun, Sabtu (21/9/2024).

Ketua KPU Kobar, Chaidir mengatakan sebagaimana dalam berita acara yang sudah ditetapkan, bahwa daftar pemilih tetap (DPT), total pemilih 201.834 yang terdiri dari pemilih laki-laki 103.074 dan pemilih perempuan 98.760 dengan jumlah TPS 413 yang tersebar desa/kelurahan di enam kecamatan, Kabupaten Kotawaringin Barat.

“Memang tadi ada dinamika saat rapat berlangsung. Karena dari berbagai pihak memberikan masukan dan tanggapan,” kata Chaidir.

Kemudian dia jelaskan bahwa pihak Bawaslu mengkoreksi jumlah data DPS yang sudah diperbaiki mulai tingkat PPS, PPK sehingga terjadi pengurangan jumlah tersebut.

“Ada 9 orang yang tidak memenuhi syarat (TMS) pemilih, koreksi dari Bawaslu. Di antaranya 8 orang pemilih yang terdata meninggal dunia dan 1 orang menjadi anggota TNI. Jadi jumlah 201.834 ini sudah final ditetapkan sebagai pemilih pada Pilkada 27 November 2024 nanti,” jelas Chaidir.

Ketua KPU Kobar mengatakan bahwa hasil penetapan pada hari ini merupakan hasil kerja keras petugas Pantarlih, PPS, PPK di lapangan dengan waktu beberapa bulan lamanya.

“Mudahan-mudahan hasil yang sudah kita tetapkan hari ini merupakan hasil yang terbaik. Karena sudah ditanggapi beberapa pihak dan dikerjakan petugas dilapangan berbulan-bulan lamanya,” harap Chaidir. (rdn/aga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: