SPS Gelar Dialog Media : Refleksi 25 Tahun Pasca-Perpres Publisher Rights

 

BERITAKALTENG.com – BANDUNG – Serikat Perusahaan Pers (SPS) gelar Dialog Media Nasional di Hotel Savoy Homann Bandung, Kamis 19 September 2024.

Acara ini merupakan rangkaian perayaan HUT SPS ke-78 tahun, dengan fokus pada industri media dan masa depan pasca-Perpres Publisher Rights.

Ketua Umum SPS, Januar P. Ruspita dalam sambutannya mengapresiasi peran serta pengurus SPS di seluruh Indonesia dalam menjaga keberadaan media cetak.

“Terima kasih kepada teman-teman pengurus SPS yang hadir dalam HUT ke-78 tahun SPS,” ujarnya.

Januar menjelaskan bahwa industri pers kini menghadapi disrupsi akibat perkembangan teknologi digital yang sangat cepat. Perubahan pola mencari dan mendistribusikan informasi, terutama di kalangan generasi milenial, Z dan alfa, menjadikan media konvensional kurang relevan.

“Banyak perusahaan pers media konvensional yang tidak mampu menjawab perubahan zaman. Meski ada yang berhasil beradaptasi ke platform digital, industri tersebut kini tergantung pada dominasi platform tersebut,” pungkasnya.

Ketua SPS Kalimantan Tengah, Sogianto menegaskan dukungannya terhadap kegiatan SPS pusat sebagai pilar agar media tetap eksis di tengah pembaca.

“Acara ini menjadi refleksi penting bagi industri pers dalam mengatasi tantangan dan mempersiapkan masa depan yang lebih baik,” ucapnya.

Sogianto juga mengapresiasi eksistensi SPS yang selama ini telah banyak memberikan dampak positif terhadap keberlangsungan kepentingan dan industri pers yang sehat di Indonesia. (Agg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: