KPU Kalteng Sosialisasikan Aturan dan Dana Kampanye 

PALANGKA RAYA, Beritakalteng.com – KPU Kalimantan Tengah menggelar sosialisasi tentang aturan dan dana kampanye untuk tim calon gubernur dan wakil gubernur di kantor KPU Kalteng.

Anggota KPU Kalteng, Harmain Ibrohim, menyebutkan bahwa sosialisasi ini dihadiri oleh perwakilan dari Forkopimda, Polda, Korem, Kejati, BIN, dan dinas terkait.

Harmain Ibrohim menekankan bahwa setiap tim kandidat perlu memahami dan mengikuti regulasi kampanye yang telah ditetapkan.

Dia juga mengatakan bahwa lokasi dan alat peraga kampanye masih dalam proses penyusunan. KPU sedang menyusun PKPU dan akan mengeluarkan SK setelah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota

Dia menginformasikan bahwa tahapan kampanye dijadwalkan berlangsung dari 25 September hingga 23 November 2024.

“Dan untuk lokasi dan alat peraga kampanye masih dalam tahap penyusunan. KPU akan mengeluarkan SK setelah menyelesaikan PKPU dan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota,”katanya. Rabu (18/9/2024) sore.

Dia juga menyebutkan bahwa Dwi Swasono dari Divisi Teknis KPU Kalteng menjelaskan bahwa aturan dana kampanye diatur oleh UU No. 10 Tahun 2016 dan akan diperinci dalam PKPU.

Dwi menegaskan bahwa dana kampanye harus dikelola secara transparan dan dicatat dengan rapi, serta disimpan di rekening khusus untuk masing-masing kandidat.

“Ya memang Dana kampanye harus disimpan di rekening khusus milik pasangan calon sebelum digunakan,”tuturnya.

Adapun, Dia menjelaskan bahwa pasangan calon yang tidak membuka rekening khusus dana kampanye akan dikenakan sanksi berupa larangan melakukan kampanye.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa batasan pengeluaran dana kampanye akan ditentukan bersama dengan pasangan calon,”jelasnya.

“Saya menyampaikan jika pengeluaran dana kampanye melebihi batas yang ditetapkan, kelebihan harus disetor ke kas negara. Contohnya, jika batasnya 10 dan pasangan calon mengeluarkan 15, kelebihan 5 harus disetor. Kegagalan untuk melakukannya dapat mengakibatkan pasangan calon tidak dianggap terpilih,”tutupnya.(Ngel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: