Foto : Ketua sementara DPRD Katingan, Yudea Pratidina.

Untuk Tingkatkan PAD, Pemda Disarankan Investasi Disektor Pertanian

KASONGAN – Ketua sementara DPRD Kabupaten Katingan Yudea Pratidina menyebutkan bahwa sektor pertanian bisa dijadikan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Katingan.

Dijelaskannya bahwa sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang mempunyai potensi untuk mendongkrak PAD, namun hal tersebut harus dibarengi dengan terobosan.

“Pertanian ini punya potensi yang bagus untuk meningkatkan PAD, asalkan Pemerintah Daerah (Pemda) berani berinvestasi,”Ujar Yudea, Kamis (12/9/2024) saat diwawancarai dikantor DPRD Katingan.

Investasi yang dimaksud oleh pimpinan sementara DPRD Katingan ini yaitu pengelolaan beras.

“Jika berani membuat terobosan untuk mengelola beras hasil dari pertanian masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Katingan Kuala, dan bisa dikelola dengan baik tentu akan bisa memberikan keuntungan bagi Pemda serta juga masyarakat,”Imbuhnya.

“Kedepannya yang kita harapkan Pemda harus berani berinvestasi disektor pertanian karna sangat potensial,”Tambahnya.

Salah satu cara lanjutnya, untuk mengelola hasil pertanian berupa beras adalah dengan dibuatkan perusahaan daerah untuk memasarkan hasil panen masyarakat.

Menurutnya, hasil sektor pertanian di Katingan Kuala bisa dikatakan masuk dalam skala yang cukup besar, sehingga diharapkan pemda Katingan bisa membuat terobosan melalui dinas terkait agar kedepannya bisa membuat usaha untuk mengola hasil pertanian yang ada.

“Jika ini bisa dilaksanakan pemda bisa membeli beras para petani dengan harga standar yang bisa mensejahterkan petani, disisi lain penda bisa mengelolan dengan mengeluarkan produk beras asli katingan yang bisa dijual ke pasar luas,”Pungkasnya.

(Grn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: