Pentingnya Kerja Sama DPRD, Pemerintah Daerah, dan Pemangku Kepentingan untuk Kebijakan Efektif

PALANGKARAYA, Beritakalteng.com – Ketua sementara DPRD Kalteng, Arton S Dohong, berharap semua anggota legislatif dapat melaksanakan peran mereka dengan optimal, terutama dalam memastikan kebijakan pemerintah daerah berjalan sesuai rencana dan kepentingan masyarakat.

Hal itu disampaikan oleh Arton S Dohong menekankan bahwa tugas DPRD sebagai wakil rakyat bukan hanya menghadiri rapat atau sidang, tetapi juga harus aktif memastikan kebijakan yang dibuat dapat diterapkan dengan efektif di masyarakat.

“Menekankan pentingnya meningkatkan kerja sama antara anggota DPRD, pemerintah daerah, dan para pemangku kepentingan agar segala kebijakan dapat berjalan lebih efektif,”ucap saat rapat paripurna pembukaan masa persidangan satu. Rabu (11/9/2024)

Dia juga menyampaikan bahwa DPRD berperan sebagai mitra kritis dan konstruktif bagi pemerintah daerah, bukan sekadar pelengkap, melainkan sebagai pilar utama yang berfungsi mengawasi dan mengawal kebijakan pemerintah.

Politikus PDIP ini menekankan bahwa DPRD harus berani mengkritisi kebijakan pemerintah yang dianggap tidak pro-rakyat, dan tidak hanya mengkritik, tetapi juga memberikan solusi yang lebih baik untuk mendukung pembangunan.

“Kami lihat ini DPRD memiliki kewenangan dalam pengawasan, sehingga fungsi ini harus dijalankan secara maksimal, dengan prinsip tanggung jawab, transparansi, dan akuntabilitas,”katanya.

Arton menambahkan, pembukaan masa persidangan ini menjadi langkah awal bagi semua pihak untuk bersinergi dalam menghadapi tantangan dan perkembangan pembangunan daerah yang terus meningkat setiap tahun.

“Untuk tujuan sinergi dan optimalisasi tugas ini adalah demi kesejahteraan masyarakat, bukan hanya untuk lembaga, karena kebijakan yang tepat akan berdampak langsung pada peningkatan kesejahteraan,”pungkasnya. (Ngel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: