Sumber Daya Manusia Berkualitas Perlu Dibentuk Sejak Usia Dini

PALANGKARAYA – Kelompok usia dini merupakan kelompok yang sangat strategis dalam pembinaan dan pembentukan karakternya karena itu harus dijadikan kesadaran kolektif dari seluruh elemen yang terlibat.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan Universitas Palangka Raya (DWP UPR), Rosana Salampak, S.E.,M.Si bahwa sumber daya manusia yang berkualitas perlu dibentuk dan dibina sejak usia dini.

“Dengan pembentukan karakter sejak dini diharapkan kelak ketika dewasa memiliki mental yang tangguh saat menghadapi tantangan perubahan di masa depan dan dapat memberikan manfaat kepada sesama manusia dan lingkungannya,” kata Rosana, Rabu (31/7/2024).

Dengan pelaksanaan Seminar Pendidikan Karakter dan Pola Asuh Anak Usia Dini bertajuk “Mencegah Kekerasan pada Anak dan Siap Menjadi Orang Tua yang Kreatif serta Selektif di Era Digital”

Diharapkan dapat memberikan bekal pengetahuan untuk mewujudkan lulusan yang berkualitas dan berkarakter.

“Karakter bersifat multi level dan multi chanel karena itu tidak mungkin hanya menjadi tugas dan tanggung jawab lembaga PAUD saja tetapi juga oleh elemen lain seperti keluarga dan masyarakat,” bebernya menambahkan.

Dijelaskanya bahwa seminar Pendidikan Karakter dan Pola Asuh Anak Usia Dini merupakan program kerja dari Bidang Pendidikan DWP UPR dan ini diikuti oleh guru dan orang tua murid TK Bakuwu UPR dan TK Shaluddin UPR serta anggota DWP UPR.

Ditempat yang sama, Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Natalina Asi, M.A yang hadir mewakili Rektor UPR Mengapresiasi kegiatan hari ini karena (kegiatan) ini bersinergi dengan usaha UPR dalam mencetak lulusan yang unggul dan berkarakter.

“Pendidikan karakter ini menjadi kunci bagi kita untuk mendapatkan generasi yang hebat dimasa yang akan datang. Generasi emas yang akan datang tidak akan bisa diciptakan secara instan tetapi harus melalui proses secara bertahap,” kata Natalina.

Dalam kegiatan yang diketuai oleh Ny.Susanti Herry Redin ini menghadirkan para pemateri yang sudah dikenal kompeten di bidangnya yaitu Dr.Pendahapsari Singgih Sendayu, M.Pd, Korprodi Bimbingan dan Konseling FKIP UPR yang mengangkat materi “Cegah Kekerasan pada anak Melalui Pendidikan pada Anak Usia Dini untuk Tumbuh Kembang Optimal”

Pemateri Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Yunalis, S.Pd.,M.M dengan materi “Siap Menjadi Orang Tua yang Kreatif dan Selektif di Era Digital dengan Pola Asuh yang Baik untuk Anak Usia Dini”.(a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: