Gelar Rakor Satlinmas Jelang Pilkada

FOTO : Ketua KPU Kobar, Chaidir sata menjadi pembicara pada Rakor Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Desa dan Kelurahan se-Kotawaringin Barat di aula Kantor Bupati Kobar, Senin (29/7/2024).

 

 

BERITAKALTENG.com – PANGKALAN BUN – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) gelar Rapat Koordinasi Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Desa dan Kelurahan se-Kotawaringin Barat. Acara yang bertempat di aula kantor Bupati Kotawaringin Barat, Senin (29/7/2024).

Fokus utama dalam rapat koordinasi ini adalah bagaimana meningkatkan kesiapan Satlinmas dalam menghadapi berbagai tantangan yang mungkin muncul selama pelaksanaan Pilkada tahun ini.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kobar, Chaidir dalam acara ini sekaligus menjadi pembicara dalam rakor ini menyampaikan, pentingnya peran Satlinmas dalam pelaksanaan Pemilu dan Pilkada.

“Peran Satlinmas sangat krusial dalam membantu kelancaran dan keamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Oleh karena itu, diperlukan sinergi yang kuat dengan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) lainnya,” ujarnya.

Chaidir juga menekankan pentingnya pemahaman mendalam terhadap peran dan tugas Satlinmas.

“Kami menyambut baik inisiatif Pemerintah Daerah Kotawaringin Barat, khususnya Satpol PP, yang memberikan kesempatan kepada Satlinmas untuk mengikuti rapat koordinasi ini. Hal ini memungkinkan kami untuk menyampaikan gambaran umum pelaksanaan Pilkada kepada Satlinmas,” tambahnya.

Di pembukaan acara ini, Pj. Bupati Kobar Budi Santosa menjelaskan, bahwa dalam situasi yang dinamis di mana warga disiapkan dan diberi bekal pengetahuan serta keterampilan untuk memelihara keamanan, ketenteraman, dan ketertiban.

“Peran Linmas merupakan pengabdian yang sangat penting dalam menjaga keamanan, ketertiban umum dan ketentraman di wilayahnya masing-masing,” kata Budi Santosa.

Menurutnya pemeliharaan keamanan dan ketertiban ini sangat penting dalam berbagai hal, seperti saat pemilihan kepala desa, pemilihan kepala daerah, pemilihan umum, serta membantu upaya pertahanan negara.

“Kita ketahui bersama, tahun 2024 ini kita akan melaksanakan Pemilu dan Pilkada secara serentak di seluruh Indonesia, khususnya di Kabupaten Kobar,” jelas Pj. Bupati.

Ia juga menambahkan bahwa pelaksanaan Pilkada serentak ini memiliki tantangan dan hambatan yang perlu diatasi.

“Dengan demikian, kita bisa memastikan Pilkada dapat terlaksana dengan sukses, baik dari sisi pelaksanaan maupun keamanan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Pj Bupati menegaskan pentingnya pembekalan pengetahuan, sikap, serta etika bagi satuan pelindungan masyarakat.

“Hal ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan integritas yang tinggi terhadap profesionalitas, inovasi, dan kewibawaan di lingkungan sekitar,” tambahnya.

Selain itu, peran Linmas juga sangat krusial dalam menyukseskan penyelenggaraan pemilu dan pilkada yang aman, tenteram dan tertib. Rakor Satuan Pelindungan Masyarakat se-Kobar tahun 2024 ini merupakan agenda penting.

“Terutama bagi anggota Satlinmas dan Satgas Linmas, tujuan dari rakor ini adalah menyamakan persepsi dalam melaksanakan tugas dan fungsi, mengidentifikasi isu strategis yang mungkin muncul saat pelaksanaan tugas, serta persiapan menghadapi pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah di Kabupaten Kobar,” tutup Pj Bupati.

Rapat koordinasi ini diharapkan dapat memperkuat sinergi antara KPU, Satlinmas dan pihak terkait lainnya dalam menyukseskan Pemilu dan Pilkada 2024 di Kabupaten Kotawaringin Barat. (rdn/agg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: