Sukseskan Pilkada 2024, KPU Palangkaraya Bangun Sinergi Bersama Awak Media

PALANGKARAYA – Dalam rangka membangun kolaborasi dan sinergitas bersama organisasi wartawan, organisasi televisi dan organisasi media siber serta awak media yang ada di Kalimantan Tengah.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangkaraya melaksanakan kegitan media gathering terkait pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng serta Walikota dan Wakil Walkota, di Hotel Luwansa, Senin (29/7/2024)

Ketua KPU Kota Palangkaraya, Joko Anggoro menyampaikan selain membangun sinergitas dan kolaborasi, kegiatan ini juga sebagai ajang menjalin tali silaturahmi dengan awak media.

“Dalam kegiatan hari ini, kita tentunya menyampaikan beberapa hal terkait tahapan pelaksanaan Pilkada 2024 dan program-program yang akan kita lakukan kedepanya,” kata Joko.

Dirinya berharap bahan diskusi pada kegiatan ini dapat diteruskan dan disampaikan kepada masyarakat sehingga dapat tersosialisasi secara menyeluruh.

Ditempat yang sama, Komisioner KPU Kota Palangkaraya, Trasmianto menyampaikan bahwa KPU Palangkaraya memiliki beberapa hal yang menjadi konsumsi publik, sehingga
peran pers menjadi corong antara KPU Kota Palangkaraya dengan masyarakat.

“Intinya kegiatan ini merupakan sinergi antara KPU Kota Palangkaraya dengan awak media serta upaya dalam menangkal informasi hoax atau informasi yang tidak benar terkait penyelenggaraan Pilkada,” beber Trasmianto.

Untuk diketahui, tahapan pelaksanaan Pilkada 2024 telah dimulai sejak April 2024 kemarin dengan kegiatan penyerahan DP4 dan sinkronisasi oleh KPU.

Bulan Juni pelaksanaan pemetaan, penggandaan daftar pemilihan dan pendistribusian alat kelengkapan kerja coklit dan pencocokan dan penelitian (coklit).

Bulan Juli kegiatan rekapitulasi hasil coklit dari tanggal 25 Juli sampai dengan 31 Juli 2024. Untuk bulan Agustus pelaksanaan pleno daftar pemilih hasil pemuktahiran di PPS.

Pleno daftar pemilih hasil pemuktahiran di PPK, pleno rekapitulasi daftar pemilih hasil pemuktahiran dan penetapan DPS oleh KPU Kabupaten atau Kota.

Masih dibulan Agustus 2024, pleno rekapitulasi DPS oleh KPU Provinsi, pengumuman DPS dan masukan atau tanggapan masyarakat, analisa data ganda dan sinkronisasi hasil PPK dan PPA serta perbaikan dan olah data oleh PPS.

Pada bulan September masuk dalam tahapan persiapan rekapitulasi DPSHP PPS dan PPK, pleno rekapitulasi DPSHP oleh PPS dan PPK, pleno rekapitulasi DPSHP dan penetapan DPT oleh KPU Kabupaten atau Kota.

Pleno rekapitulasi DPT oleh KPU Provinsi, pengumuman DPT dan Pelayanan Pindah Memilih pada tanggal 17 sampai dengan 20 November 2024.(a2)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: