Kemarau Berisiko Karhutla, Warga Diminta Jangan Bakar Lahan

 

 

Foto : Kepala Pelaksana BPBD Damkar, Ahmad Gazali beserta Pj Bupati Barito Timur, Indra Gunawan melakukan foto bersama seuasi kegiatan.

Beritakalteng.com – Tamiang Layang – Menghadapi cuaca panas yang terjadi akhir-akhir ini, untuk itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Barito Timur menghimbau warga agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar, baik itu dalam kondisi musim kemarau ataupun tidak apalagi dikawasan lahan gambut.

Seperti yang disebutkan oleh Kepala Pelaksana BPBD Damkar Kabupaten Barito Timur, Ahmad Gazali, kemarau identik dengan kebakaran hutan dan lahan. Dan hal itu harus diwaspadai karena kerap kali terjadi di Barito Timur ketika musim kemarau.

“Kami dari BPBD Damkar Kabupaten Barito Timur, tentu selalu mengingatkan bahwa kepada masyarakat agar kiranya tidak membakar hutan dan lahan. Khusunya dikala musim kemarau ini sudah memasuki kemarau,” kata Ahmad Gazali, Kamis (25/7/2024).

Musim kemarau yang terjadi di wilayah Barito Timur sejak awal Juli dan Agustus memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan di sejumlah titik wilayah Barito Timur.

“Karena menurut BMKG bahwa kemarau pada tahun ini tepatnya 2024, diawali minggu kedua bulan ini dan puncaknya pada bulan Agustus 2024,” ujarnya.

Disarankannya, jika sementara waktu masyarakat hendaknya tidak membuka lahan dan hutan terlebih dahulu.

“Maka dari itu, kami berharap semua stakholder dan masyarakat kiranya bisa menahan diri untuk tidak membakar hutan dan lahan,” demikian. (ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: