Tahun 2024, UPR Kembali Raih Penghargaan Indikator Kinerja Utama

PALANGKARAYA – Universitas Palangka Raya (UPR) kembali mendapatkan penghargaan capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) tahun 2024 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Penghargaan atas pencapaian IKU disalurkan dalam bentuk insentif menggunakan anggaran tahun 2024 Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Diktiristek) yang didasari pada penilaian kinerja tahun 2023.

Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 110/E/KPT/2024 tentang Penghargaan Capaian Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri di Lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Tahun 2023, UPR meraih penghargaan keunggulan IKU 3 (Dosen Berkegiatan di Luar Kampus) dan IKU 7 (Kelas yang Kolaboratif dan Partisipatif).

Rektor UPR, Prof. Dr. Ir. Salampak, M.S, menyampaikan bahwa apa yang diraih ini merupakan prestasi luar biasa karena raihan keunggulan IKU ini didapat di tahun pertama UPR bersaing di Liga PTN BLU yang sebelumnya berada di Liga PTN Satker.

“IKU ini merupakan sesuatu yang sangat penting dalam mengevaluasi kinerja perguruan tinggi di Indonesia dan mengukur kemajuan yang telah dicapai, karena dapat membantu mengevaluasi sejauh perguruan tinggi telah mencapai tujuan yang telah ditetapkan,” kata Prof.Salampak.

Sistem pengukuran ini ujarnya, membantu perguruan tinggi untuk memperbaiki diri perguruan tinggi di masa depan dalam berbagai bidang, termasuk akademik, penelitian, pengabdian pada masyarakat, dan pengelolaan keuangan sehingga dapat menghasilkan kebijakan strategis dalam meningkatkan daya saing perguruan tinggi di tingkat nasional dan internasional.

Prof. Salampak tidak lupa menyampaikan apresiasinya atas semua pihak yang sudah mendukung UPR, baik itu civitas akademika dan warga kampus UPR sendiri, Dewan Pengawas BLU UPR, seluruh stakeholder terkait, serta tidak kalah pentingnya dukungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam hal ini Gubernur Kalimantan Tengah dan Pemerintah Kota Palangka Raya.

Raihan keunggulan IKU tahun 2024 ini bukan pertama yang didapat oleh UPR, bahkan sudah menjadi atensi dan fokus utama semenjak Prof. Salampak menjabat sebagai wakil Rektor Bidang Akademik.

“Ini semua menunjukkan bahwa suatu kerja keras, kerja ikhlas, kolaborasi dan sinergisitas dengan stakeholder yang terlibat, ditambah dengan roadmap yang jelas dan terukur dalam target pencapaian keunggulan IKU ini”. ujarnya menambahkan.

Plt. Sekretaris Direktur Jenderal Diktiristek, Prof. Tjitjik Sri Tjahjandarie, Ph.D, menyampaikan apresiasinya atas capaian yang dilakukan Universitas Palangka Raya.

“Walaupun saat ini UPR sudah bersaing dalam liga PTN Badan Layanan Umum (BLU), tetap bisa mempertahankan kinerja IKU saat masih di PTN Satker, yaitu tetap memperoleh penghargaan di kategori IKU 3 dan IKU 7”.

Senada dengan Prof. Tjitjik, Plt. Direktur Kelembagaan Dirjen Diktiristek, Bhimo Widyo Andoko, S.H, M.H, yang juga merupakan Ketua Dewan Pengawas BLU UPR menyampaikan rasa bangga dan apresiasinya terhadap pencapaian UPR dalam penilaian IKU.

“Tentunya ini akan menjadi semangat bagi civitas akademika Universitas Palangka Raya dalam mencapai penilaian IKU yang lain di masa yang akan datang” kata Bhimo

Lanjutnya, konsistensi kinerja UPR dalam capaian IKU selama 4 tahun ini, merupakan sumbangsih yang berharga bagi Kalimantan Tengah sebagai daerah penyangga ibukota negara dan momentum yang tepat dalam mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045.(a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: