Bunda Literasi Bartim Ajak Semua Pihak Ciptakan Generasi Penerus Bangsa yang Gemar Membaca

Foto : Bunda Literasi Kabupaten Barito Timur Ny.Melly Novita Indra Gunawan menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba.

Beritakalteng.com – Tamiang Layang – Pj Ketua TP-PKK Kabupaten Barito Timur yang juga merupakan Bunda Literasi Barito Timur, Melly Novita Indra Gunawan, mengajak semua pihak untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang gemar membaca di Barito Timur.

Hal itu diungkapkan Melly Novita Indra Gunawan dalam sambutannya pada acara Lomba Membaca Nyaring dan Lomba Tepat Menyusun Huruf bagi siswa-siswi sekolah dasar atau SD Tingkat Kabupaten Barito Timur, di Aula Rumah Jabatan Bupati Bartim, Kamis (18/7/2024).

Ia menjelaskan, berdasarkan kajian Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah yang bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan Barito Timur, tingkat kunjungan masyarakat ke perpustakaan masih sangat rendah, yang mana hanya 10 hingga 15 persen masyarakat melakukan kegiatan membaca di perpustakaan umum.

“Melihat permasalahan itu, maka diperlukan sebuah kolaborasi serentak dari semua lembaga, baik itu pemerintah, swasta, serta keluarga untuk mendukung pembudayaan gerakan gemar membaca di Barito Timur,” terang Melly Novita Indra Gunawan.

Melly Novita juga berharap, ke depan akan terjalin kerjasama yang harmonis antara OPD, organisasi masyarakat, taman bacaan, komunitas literasi, dan komunitas lainnya dalam rangka peningkatan pembudayaan gerakan gemar membaca di Barito Timur.

“Oleh karena itu, gerakan gemar membaca melalui kegiatan seperti lomba membaca nyaring dan lomba tepat menyusun huruf ini menjadi sangat penting. Dengan membaca, anak-anak kita akan mendapatkan pengetahuan yang luas, keterampilan berpikir yang kritis, dan imajinasi yang kreatif,” ujarnya.

Kegiatan ini bukan hanya sekedar ajang kompetisi, tetapi juga merupakan sarana untuk menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap buku dan membaca sejak dini.

”Hari ini adalah hari yang sangat istimewa bagi siswa dan siswi kelas 2 dan 3 Sekolah Dasar yang akan berlomba. Ibu melihat wajah-wajah ceria penuh semangat dan antusiasme. Kalian adalah bintang-bintang kecil yang akan menerangi Barito Timur dengan prestasi dan kecerdasan kalian,” ucap Melly Novita.

“Nantinya siapa pun yang akan menjadi juara, Ibu ucapkan selamat atas prestasi yang telah diraih. Semoga penghargaan ini menjadi motivasi untuk terus mengembangkan diri dan berprestasi lebih tinggi lagi. Bagi yang belum meraih juara, jangan berkecil hati karena partisipasi kalian dalam lomba ini sudah merupakan langkah besar menuju kesuksesan kalian untuk di masa depan,” tambah Melly Novita.

Ia juga mengingatkan, bahwa kemenangan bukanlah segalanya, namun yang paling penting adalah semangat untuk mencoba, keberanian berpartisipasi, dan kegembiraan dalam belajar. Setiap usaha yang kalian lakukan hari ini adalah langkah besar menuju masa depan yang cerah. Jangan pernah takut untuk mencoba hal-hal baru dan teruslah bersemangat dalam belajar.

”Untuk itu, mari kita bersama terus berkomitmen untuk mendukung dan memajukan budaya literasi di Barito Timur. Dengan kerja keras dan semangat bersama, saya yakin kita dapat menciptakan generasi yang gemar membaca, cerdas, dan berakhlak mulia. Semoga acara ini berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kitasemua,” demikian Melly Novita. (ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: