M. Zainal Terpilih Sebagai Ketua PWI Kalteng Periode 2024-2029

PALANGKARAYA – Muhammad Zainal terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) periode 2024-2029.

Program kegiatan jurnalistik yang kita inginkan ke depan, lebih banyak mengarah ke digitalisasi. Nanti akan kita adakan pelatihan membuat dan melaksanakan pemberitaan secara digital yang tentunya sesuai dengan kode etik jurnalis,” ucapnya, di Aula Jayang Tingang (AJT), Sabtu (13/07/2024).

Disisi lain, Ketua PWI pusat, Hendry Ch Bangun mengatakan, program utama PWI saat ini berfokus pada peningkatan kompetensi, sehingga dapat menghasilkan produk jurnalistik yang sesuai dengan kode etik jurnalis.

“Program itu bisa dilaksanakan melalui uji kompetensi wartawan, safari jurnalistik, sekolah jurnalisme Indonesia dan masih banyak lagi program lainnya yang sesuai dengan kebutuhan, Karena memang kita sebagai wartawan harus dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi,” ujar Hendry.

Sementara itu, sebagai Ketua Dewan Kehormatan terpilih, Sadagori Henoch Binti menekankan pentingnya bagi para jurnalis terutama yang bergabung di PWI untuk semakin memahami kode etik jurnalistik dan kode etik perilaku wartawan.

“Karena di luar sana banyak sekali oknum-oknum yang mengaku sebagai wartawan karena begitu mudahnya untuk mendirikan media dan mencap diri sebagai wartawan. Sehingga, kami bersepakat untuk kita semua harus mempunyai ‘warna’ tersendiri, yaitu warna yang indah, “ujarnya.

Ia juga menambahkan, berkenaan dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang menghasilkan produk-produk jurnalistik yang berkualitas, pihaknya akan bekerja sama dengan pengurus harian PWI dan pihak-pihak terkait untuk memantapkan program PWI ke depannya.

“Nanti kita akan mengundang ketua PWI kabupaten bersama anggotannya, juga anggota PWI di Palangka Raya. Kita akan memberi pemahaman mengenai kode etik, yang akan dibuat dalam buku kecil. Sehingga kawan-kawan ketika bekerja di lapangan menjadi wartawan yang profesional.”tutupnya.(a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: