Mahasiswa Prodi KIMIA UPR Berhasil Ciptakan Solid Parfume Khas Kalteng

PALANGKARAYA – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Kimia Universitas Palangka Raya (UPR) menghadirkan terobosan terbaru didunia parfum dengan memodifikasi sediaan produk parfum dalam bentuk solid.

Solid parfume tersebut diciptakan oleh Vionae Igeshy Daniella, Leony Wulandari, dan Diah Panjar Arum, merupakan Mahasiswa Prodi Kimia, Universitas Palangka Raya Angkatan 2023 dibawah bimbingan Muhammad Irmawan S.Si., M.Si, dosen Kimia UPR.

“Inovasi solid parfume yang diciptakan tidak hanya berfokus pada wanginya saja, tetapi produk tersebut memiliki kandungan yang berperan sebagai skincare untuk melembabkan kulit,” kata Irmawan, Kamis (11/7/2024).

Dijelaskannya, terciptanya produk tersebut berawal dari kegundahan mereka menganai penggunaan parfum spray yang terkadang membuat iritasi bagi sebagian orang yang memiliki kulit sensitif dan berdasarkan peluang akan kebutuhan penggunaan skincare setiap tahunnya terus meningkat.

Berdasarkan hal tersebut maka terciptalah produk solid parfume “SOLAREBO” Solid Parfume Essence Borneo.

Parfum “SOLAREBO” terinspirasi dari sejarah kearifan lokal Kalimantan Tengah (Kalteng) yang menjadi salah satu komoditas rempah wangi tanah Dayak pada abad ke 19.

“Tumbuhan tersebut adalah sintok (Cinnamomum sintoc blume) atau yang biasa dikenal dengan sebutan sintuk bagi warga lokal dayak,” jelasnya menambahkan.

SOLAREBO (Solid Parfum Essence Borneo) jelasnya lebih dalam, terinspirasi dari aroma sintuk yang memberikan sensasi spicy, kesegaran dan woody yang menggambarkan akan keindahan hutan Kalimantan.

Kemudian dipadukan dengan manisnya vanila yang akan menyatu menciptakan aroma autentik Kalimantan Tengah yang wood, sweet, spicy.

SOLAREBO memiliki tagline, “Captured In every Scents” yang bermakna bahwa aroma mengandung memori yang kuat terhadap setiap momen khususnya akan keindahan alam Kalimantan Tengah.

Pengembangan dan proses produksi produk solarebo saat ini telah didukung oleh Universitas Palangaka Raya dan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Program Pendaan Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausaan (PKM-K) 2024 yang diselenggaran Diretorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa).

Berlandasakan potensi besar yang dimiliki SOLAREBO di industri parfum Indonesia di era sekarang, oleh inovasi solid perfume yang two in one akan menarik perhatian konsumen karena memberikan format baru yang multifungsi dan kesan simpelnya.

“Besar harapan dan dukungan dari berbagai pihak, dimulai dari kalangan masyarakat hingga instansi pemerintahan khususnya Provinsi Kalimantan Tengah dalam mengembangkan produk SOLAREBO sehingga dapat diterima diberbagai kalangan sampai skala nasional,”tutupnya.(a2) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: