Raih Travel Award di Kancah Internasional, Mahasiswa dan Dosen Kimia FMIPA UPR Sukses Mendiseminasikan Hasil Penelitian

PALANGKARAYA – Prestasi yang sangat membanggakan diraih oleh salah satu mahasiswa Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Palangka Raya (UPR), Amanda Natania Gracia.

Amanda berhasil mempresentasikan hasil penelitiannya dalam sesi Oral Free Paper pada Seminar Internasional The Liver Week 2024 pada 27-29 Juni 2024 di Seoul, Korea Selatan.

Tidak hanya itu, Amanda meraih penghargaan internasional yaitu Travel Award sebesar 1.000 USD setelah abstraknya diseleksi oleh komite dan terpilih dari ribuan abstrak yang mendaftar.

Prestasi gemilang ini tak lepas dari bimbingan dua dosen berprestasi UPR, Reny Rosalina, S.Si., M.Si., Ph.D. dan Rizki Rachmad Saputra, S.Si., M.Sc., yang juga mendapatkan Travel Award masing-masing sebesar 1.000 USD.

The Liver Week 2024, merupakan konferensi internasional bergengsi yang diselenggarakan bersama oleh empat asosiasi liver Korea Selatan yaitu The Korean Association for the Study of the Liver (KASL).

The Korean Association of Hepato-Biliary and Pancreas Surgery (KAHBPS), The Korean Liver Cancer Association (KLCA), dan The Korean Liver Transplantation Society (KLTS) dan telah diadakan setiap tahun sejak 2014.

Konferensi Internasional ini menjadi ajang berkumpulnya 1300 peneliti, dokter, dan pakar hepatologi dari seluruh dunia, menjadi panggung bagi Amanda untuk mempresentasikan penelitian inovatifnya.

Penelitian ini berfokus pada pengembangan Senyawa Turunan Bahan Alam untuk Kandidat Obat Fibrosis Hati pada Alcoholic Liver Disease dengan metode komputasi, yang menarik perhatian para peserta konferensi dan mendapatkan respon positif.

Karya Amanda Mendapat Apresiasi Internasional Pada hari kedua konferensi, Amanda tampil percaya diri memaparkan hasil penelitian yang inovatif di hadapan dokter, tenaga medis, dan pakar hepatologi.

Sesi dipandu oleh chairperson Prof. Jae Young Jang dan Prof. Soo Young Park. Dalam presentasinya, Amanda menjelaskan bagaimana senyawa turunan bahan alam yang ia investigasi secara komputasi memiliki potensi besar untuk terapi penyakit fibrosis hati.

Presentasi ini tidak hanya menunjukkan kemampuan akademis Amanda, tetapi juga menegaskan bahwa peneliti muda dari Kalimantan Tengah mampu berkontribusi pada ilmu pengetahuan global.

Dukungan dari Universitas dan Fakultas
Prestasi ini mendapatkan apresiasi tinggi dari Dekan Fakultas MIPA, Dr. Siti Sunariyati, M.Si., yang memberikan dukungan penuh kepada Amanda dan para dosen pembimbing.

“Prestasi ini sangat membanggakan bagi Fakultas MIPA dan Universitas Palangka Raya. Kami berharap Amanda dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik, serta memberikan inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berkarya dan berprestasi di tingkat Internasional, ” kata Siti Sunariyati, (8/7/2024)

Dirinya juga berterima kasih kepada Bu Reny dan Pak Rizki atas dedikasi dan bimbingan yang luar biasa. Inspirasi untuk mahasiswa Lainnya
Keberhasilan Amanda di Liver Week 2024 diharapkan dapat memotivasi mahasiswa lainnya di UPR untuk terus berprestasi.

Hal senada disampaikan Ketua Program Studi Kimia, Lilis Rosmainar, S.Si.,M.Si. pencapaian yang diraih memberikan pesan inspiratif kepada seluruh mahasiswa.

“Jangan pernah berhenti untuk bermimpi dan berusaha. Prestasi Amanda adalah bukti bahwa dengan kerja keras dan bimbingan yang tepat, kalian bisa mencapai apa saja,” kata Lilis

Hal yang sama juga disampaikan Kontribusi Dosen Pembimbing, Reny Rosalina, S.Si., M.Si., Ph.D. dan Pak Rizki Rachmad Saputra, S.Si., M.Sc., yang turut mendapatkan Travel Award, memberikan kontribusi besar dalam keberhasilan Amanda.

Kedua dosen ini dikenal karena dedikasi dan komitmen mereka dalam membimbing mahasiswa untuk mencapai prestasi akademis yang tinggi.

“Kami bangga melihat Amanda yang sudah berusaha keras bersama kami dalam mempersiapkan dan berkompetisi dalam Seminar Internasional ini,” beber Reny

Dirinya berharap prestasi ini bisa menjadi motivasi bagi Amanda dan mahasiswa lainnya untuk terus berkarya.

Pak Rizki menambahkan, Dukungan Universitas sangat penting dalam proses ini dan berharap bisa terus mendukung mahasiswa lainnya untuk mengikuti jejak Amanda.

“The Liver Week 2024 memberikan kesempatan bagi Amanda untuk bertukar ilmu dan pengalaman dengan peneliti lain dari berbagai negara,” kata Rizki

Selain mempresentasikan penelitiannya jelasnya menambahkan, Amanda juga berkesempatan mengikuti berbagai sesi diskusi dan workshop yang diadakan selama konferensi.

“Pengalaman ini tidak hanya memperkaya wawasan Amanda, tetapi juga membuka peluang kolaborasi riset di masa depan,” tutupnya.(a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: