FOTO : Komisioner KPU Kobar Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, Isnawiyah, didampingi Partarlih Mendawai melakukan Coklit di rumah Sekda Rody Iskandar, Rabu (26/6/2024). (Sumber : wartawan beritakalteng.com)

KPU Kobar Coklit Sekda Rody Iskandar

 

 

BERITAKALTENG.com – PANGKALAN BUN – Terhitung tanggal 24 Juni – 25 Juli 2024, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mulai melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

Guna menyiapkan hal itu, Pantarlih Kelurahan Mendawai didampingi Komisioner KPU Kobar Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, Isnawiyah, melakukan Coklit di kediaman Sekretaris Daerah (Sekda) Kobar Rody Iskandar.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kobar, Chaidir, mengatakan para petugas Pantarlih telah mendapatkan bimbingan teknis mengenai cara yang benar dalam melakukan Coklit. Petugas nantinya akan mendatangi warga dari satu rumah ke rumah lainnya untuk validasi data.

“Coklit merupakan cara untuk melakukan validasi terhadap data pemilih, salah satu cara mensosialisasikannya adalah KPU melalui pantarlih mencoklit pejabat baik eksekutif, legislatif dan para tokoh,” kata Chaidir.

Dijelaskan Ketua KPU, pihaknya berharap melalui pejabat dan tokoh dapat kembali mengajak masyarakat untuk secara aktif mengikuti Coklit dari Partarlih, kemudian bagi masyarakat yang belum/tidak tercoklit datang ke petugas untuk mendaftar kan diri sebagai pemilih di Pilkada serentak.

Chaidir menjelaskan, KPU akan melakukan evaluasi hasil Coklit setiap minggu dengan tujuan untuk mengetahui adanya kendala dalam proses Coklit serta mencari solusinya.

“Harapannya bisa didapatkan data yang akurat dan valid sehingga data pemilih pada Pilkada serentak dan bisa dipertanggungjawabkan,” jelas Chaidir.

Chaidir mengatakan, data hasil Coklit ini akan digunakan sebagai Daftar Pemilih Sementara (DPS) sebelum nantinya ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Sementara itu, Sekda Kobar Rody Iskandar, menyambut baik Coklit yang dilakukan oleh Partarlih dalam upaya mensukseskan pemilihan gubernur/wakil gubernur dan bupati/wakil bupati yang dilaksanakan November mendatang.

“Alhamdulillah hari ini kami kedatangan pantarlih untuk melakukan coklit data pemilih Pilkada yang dilaksanakan 27 November 2024”

“Harapannya, dengan adanya coklit ini, daftar pemilih kita bisa diverifikasi, supaya nanti memang daftar pemilih itu betul-betul update sesuai dengan fakta dan kondisi di lapangan,” jelas Sekda. (BK/LH).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: