FOTO : Komisioner KPU dan unsur Forkopimda Kobar berfoto bersama usai upacara orientasi tugas dan Bimtek di halaman GOR Pangeran Ratu Alamsyah, Selasa (11/6/2024) sore. (sumber : beritakalteng.com)

Ratusan PPS dan PPK di Kobar Ikuti Bimtek Jelang Pilkada Serentak

 

 

BERITAKALTENG.com – Kotawaringin Barat – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotawaringin Barat (Kobar) orientasikan tugas dan bimbingan teknis (Bimtek) kepada panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemilihan suara (PPS) jelang Pilkada serentak tahun 2024.

Ketua KPU Kobar, Chaidir menuturkan bahwa kegiatan orientasi dan Bimtek badan Adhoc ini merupakan salah satu upaya KPU setempat untuk lebih mematangkan persiapan pelaksanaan pemilihan gubernur/wakil gubenur Kalimantan Tengah dan pemilihan bupati/wakil bupati Kotawaringin Barat.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dengan melibatkan 30 petugas PPK dan 282 petugas PPS. Tidak hanya pembekalan terkait kepemiluan, para peserta juga dilatih secara fisik berkerjasama dengan Kodim 1014/Pbn.

“KPU berpikiran bahwa kawan-kawan PPK dan PPS perlu dibekali pengetahuan tentang kepemiluan tapi juga dibekali fisik yang memadai fisik yang kuat karena pelaksanaan Pilkada ini juga sangat memerlukan energi yang begitu luar biasa,” katanya.

Dalam upacara yang dilaksanakan di halaman GOR Pangeran Ratu Alamsyah, Selasa (11/6) sore, Ketua KPU menekankan pentingnya menjaga kekompakan dan netralitas agar Pilkada serentak dapat berjalan seperti yang diharapkan.

“Oleh karena itu kami berharap bahwa kawan-kawan PPK dan kawan-kawan PPS selalu menjaga kekompakan untuk menyukseskan Pilkada tahun ini,” imbuh Chaidir.

Sementara Pj Bupati Kobar (Kobar), Budi Santosa mengatakan bahwa Pemkab Kobar telah menyiapkan anggaran untuk kelancaran Pilkada. Ia menyampaikan bahwa persiapan di Kobar sudah berjalan dengan baik, dan berharap agar pelaksanaan Pilkada dapat berlangsung lancar.

“Kami bertugas untuk mendukung, termasuk dalam hal anggaran. Kami siap mendukung jalannya Pilkada Kobar. Kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama berperan aktif mengawasi pelaksanaan pilkada agar sesuai dengan aturan yang berlaku,” ujar Budi Santosa.

Di lokasi yang sama, Dandim 1014/Pbn Letkol Arm Yoga Permana saat memberikan arahan kepada para peserta orientasi tugas dan bimbingan teknis PPK dan PPS dalam melaksanakan tugas pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kabupaten Kotawaringin Barat harus terselenggara dengan jujur, aman, kondusif, serta terkendali.

“Kita semua sudah punya pengalaman pada Pilpres dan Pileg 2024 kemarin, jadikan itu referensi,” ungkap Letkol Arm Yoga Permana di Sport Center Pangkalan Bun.

Dandim menyampaikan, kepada semua petugas PPK dan PPS nantinya harus bisa menegakkan nilai dasar organisasi dengan profesionalisme, kemandirian, dan integritas, serta menjaga kekompakan dan transparansi.

“Para peserta yang mengikuti orientasi disini harus memahami segala regulasi pemilihan dan menjalankan tugas dengan dedikasi tinggi untuk kesuksesan Pilkada di Kotawaringin Barat, Komitmen kami TNI untuk tetap berada di jalur netral dan tidak terlibat dalam politik praktis. (BK/LH).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: