Tekan Laju Inflasi dan Jaga Stabilitas Harga

RAKOR – Penjabat Bupati Lamandau Lilis Suriani saat mengikuti Rakor pengendalian inflasi 2024 bersama Kemdagri.

 

KALTENGNEWS – NANGA BULIK – Penjabat Bupati Lamandau, Lilis Suriani bersama jajaran secara daring mengikuti Rapat Koordinasi atau Rakor pengendalian inflasi 2024 yang dipimpin oleh Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri RI, Tomsi Tohir.

Rapat koordinasi daring tersebut diinisiasi sebagai respons terhadap pentingnya kerjasama lintas sektor dan lintas daerah dalam menghadapi tantangan ekonomi, terutama dalam menjaga stabilitas harga dan mencegah terjadinya lonjakan inflasi yang dapat merugikan masyarakat.

Dalam rapat itu, Plt Sekretaris Jenderal Kemendagri, Tomsi Tohir menyampaikan, dalam rapat koordinasi inflasi kali ini meminta agar seluruh kepala daerah bisa menyusun perencanaan menekan laju inflasi selama satu tahun.

“Saya berharap agar Kepala Daerah bisa mengecek kenaikan harga di daerahnya masing-masing dan melakukan upaya-upaya yang betul-betul bisa dirasakan hasilnya, bukan hanya formalitas atau seremonial saja. Karena hal-hal yang sifatnya seremonial hasilnya tidak akan maksimal,” ungkap Tomsi pada Kamis (6/6/2024).

Tomsi juga mengatakan Pemerintah dengan bantuan Pemda terus memantau distribusi atau penyebaran komoditas impor agar tepat sasaran, meskipun inflasi bulan mei 2024 mengalami penurunan dari 3 persen menjadi 2,84 persen.

“Tentunya, ini merupakan suatu anugerah dan hasil jerih payah kita bersama. Namun demikian, masih terdapat beberapa jenis komoditas yang sebenarnya masih bisa kita atasi lebih baik lagi seperti cabai dan bawang,” tambahnya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Lamandau Lilis Suriani mengaku siap menindaklanjuti instruksi dari Plt Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri RI. Ia menyebut apa yang diintruksikan tersebut sudah dan tengah dikerjakan Pemkab Lamandau.

“Sudah kita kerjakan, kita evaluasi dan terus lakukan perbaikan sehingga hasilnya nanti bisa optimal,” tandasnya.(fit/agg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: