Foto : Kasat Lantas Polres Katingan AKP Hariyanto, SH memberikan teguran secara humanis kepada pengendara roda dua yang tidak menggunakan helm SNI, baru-baru ini.

Polantas Berikan Teguran Secara Humanis Kepada Pengendara Yang Tidak Patuhi Aturan Lalu Lintas

KASONGAN – Kasat Lantas Polres Katingan AKP Hariyanto, SH memberikan teguran secara humanis kepada pengendara roda dua yang tidak menggunakan helm SNI, baru-baru ini. Himbauan agar tertib berlalu lintas ini dimaksudkan, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat berkendara di jalan raya.

Kapolres Katingan AKBP I Gede Putu Widyana, SH, SIK, MH melalui Kasat Lantas AKP Hariyanto, SH mengatakan bahwa pihaknya memberikan himbauan simpatik kepada pengendara roda dua tersebut.

“Pengendara roda dua harus menggunakan helm SNI, baik yang bepergian jauh ataupun dekat. Karena keselamatan berlalu lintas nomor satu yang harus diperhatikan dan helm standar wajib digunakan,” ujarnya.

Menurut dia, himbauan simpatik ini sebagai upaya meningkatkan kesadaran khususnya pengendara roda dua di Kabupaten Katingan. Karena helm merupakan alat pelindung kepala yang dapat meminimalisir fatalitas kecelakaan.

“Kepada pengendara khususnya sepeda motor, hendaknya selalu menggunakan helm. Karena ini merupakan alat pelindung yang harus dan wajib digunakan,” tutur Hariyanto.

Kasat Lantas juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Katingan terkhususnya pengguna kendaraan roda dua, agar selalu menggunakan helm SNI.

“Karena jika tidak menggunakan helm, dianggap telah melanggar Pasal 291 ayat (1) UU LLAJ. Bunyinya, setiap pengendara atau penumpang sepeda motor yang tak mengenakan helm standar nasional dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu,” terangnya.

(Jeks/**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: