Foto : H. Raden Sudarto, SH

Pascakabut Asap Selimuti Barsel, Dewan Minta Dinkes Tetap Gencarkan Penanganan Ispa

Foto : H. Raden Sudarto, SH

Beritakalteng.com, BUNTOK – Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Barito Selatan, H. Raden Sudarto meminta supaya Dinas Kesehatan setempat tetap menggencarkan penanganan Ispa pascakabut asap.

Saran ini disampaikan oleh Raden Sudarto di Kantor DPRD Barsel, Senin (16/10/2023).

Menurut dia, meskipun situasi cuaca sudah mulai membaik, namun penanganan inpeksi saluran pernafasan (ispa) harus tetap dilaksanakan oleh Dinkes Barsel, karena kemungkinan besar masih banyak masyarakat yang mengalami ispa disebabkan kabut asap yang menyelimuti daerah tersebut dalam beberapa minggu belakangan ini.

“Ini kan baru saja cuaca kita mulai membaik, jadi kemungkinan besar masih ada dan bahkan sebagian besar warga kita masih mengalami ispa, akibat dampak kabut asap beberapa minggu belakangan ini,” ucapnya.

“Jadi kita minta Dinkes Barsel untuk tetap menggencarkan penanganan ispa, terutama bagi anak-anak dan lanjut usia,” pinta dia.

Selanjutnya, politisi PDI Perjuangan ini juga meminta kepada dinas terkait, agar tetap membagikan masker kepada masyarakat, guna mengantisipasi kembalinya kabut asap.

“Kita minta juga kepada dinas-dinas terkait, kalau bisa tetap bagikan masker bagi masyarakat. Untuk mengantisipasi kemungkinan kembalinya kabut asap seperti kemaren-kemaren, apalagi mengingat curah hujan masih belum begitu normal,” imbuhnya.

Tidak lupa, dia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat, supaya peduli dengan lingkungan, agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan. Sebab perbuatan tersebut bukan saja merusak lingkungan, tapi juga berdampak pada munculnya bencana kabut asap yang bisa menyebabkan memburuknya kesehatan bagi semua orang.

“Kita imbau masyarakat jangan sampai membakar lahan dan hutan, sebab bisa merusak lingkungan dan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan,” pungkasnya.(Sebastian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: