HUT ke-72 IBI, Bupati Gumas Berharap SDM Kesehatan Semakin Berkualitas

 

Kuala Kurun – Bupati Gunung Mas Jaya S Monong dorong seluruh bidan yang ada di wilayah setempat untuk bersinergi dengan pemerintah daerah dalam meningkatkan SDM.

Hal itu diucapkan Jaya melalui sambutan tertulis yang dibacakan Asisten I Setda Gumas Lurand saat menghadiri perayaan HUT ke-72 Ikatan Bidan Indonesia (IBI) yang dilaksanakan di GPU Damang Batu Kota Kuala Kurun, Selasa (12/09/2023).

“Saya mendorong bidan Kabupaten Gunung Mas untuk dapat bersinergi bersama-sama dengan pemerintah daerah dalam meningkatkan sumber daya manusia terutama dalam sektor kesehatan,” ujarnya.

Sebab dikatakan olehnya, bidan merupakan pembimbing, penyuluh, mengembangkan konsep kegiatan pelayanan kebidanan, melakukan evaluasi, pengkajian, survei dan penelitian kesehatan keluarga.

Titik dimulainya pembangunan SDM kata Jaya melalui Lurand yakni dari meningkatkan jaminan kesehatan ibu hamil, kesehatan bayi, kesehatan balita hingga kesehatan anak sekolah.

Karena momen tersebut merupakan umur emas untuk mencetak manusia Indonesia yang unggul sehingga jangan sampai ada kematian bayi, dan kematian ibu yang meningkat setiap tahunnya.

“Selain itu, saat ini pemerintah pusat dan daerah sedang berupaya melalui berbagai program untuk penanganan stunting. Bidan sebagai tenaga kesehatan profesional dalam pelayanan ibu dan bayi memiliki peran strategis dalam program-program tersebut,” tuturnya.

Ia berharap, bidan khususnya yang ada di Gunung Mas ikut menggerakkan masyarakat untuk mensukseskan program yang dimaksud agar jangan sampai ada stunting di Kabupaten Gunung Mas, 

“Mari bersama kita dapat menciptakan masyarakat Kabupaten Gunung Mas yang sehat dan berkualitas,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Jaya melalui Lurand juga mengucapkan selamat ulang tahun kepada Ikatan Bidan Indonesia yang ke-72.

“Seiring bertambahnya usia, kami mengharapkan IBI dapat terus tumbuh, dan memberikan kontribusi yang prima dalam melayani masyarakat dalam pelayanan kesehatan ibu dan anak serta meningkatkan kapasitas bidan dalam peningkatan kualitas pelayanan,” pungkasnya. (Grn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: