Legislatif Kota Ini Imbau Masyarakat Waspada Penyebaran Penyakit

PALANGKARAYA – Kalangan Legislatif Kota mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap penyebaran berbagai macam penyakit. Terutama penyakit yang kerap menjangkiti masyarakat pada musim kemarau.

“Ketika musim kemarau dengan jangka panjang, terlebih diwarnai kabut asap akibat karhutla, maka akan banyak warga yang terserang infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dan diare,” kata Anggota Komisi C DPRD Palangka Raya, Susi Idawati, Rabu (6/9/2023).

Dengan kondisi tersebut lanjut, masyarakat harus peka mewaspadai keadaan tersebut. Terutama menyadari bahwa musim kemarau akan rawan datangnya beragam penyakit yang mudah menyerang masyarakat.

Terlebih cuaca berdebu dan berasap bercampur polutan yang beterbangan,0 sehingga memiliki potensi yang besar masuk ke rongga pernafasan yang akhirnya menyebabkan ISPA dan disertai batuk serta flu.

Disisi lain perlu diperhatikan pula ungkap Susi, yakni berkenaan dengan kondisi debit air bersih yang menurun.

Terutama di daerah aliran sungai, dimana banyak warga daerah bantaran sungai menggunakan air kurang bersih untuk kebutuhan rumah tangganya. Hal ini rawan menyebabkan warga terkena diare.

Terlepas dari itu Susi mengajak masyarakat melakukan pencegahan penyebaran penyakit di musim kemarau dengan aktif menjaga kebersihan lingkungan.

“Langkah paling efektif ialah dengan terus menjaga kebersihan lingkungan dan terus menggalakkan pola hidup bersih dan sehat serta mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh,”pungkasnya.(ak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: