FMIPA UPR Persiapkan Lulusan Hadapi Persaingan Dunia Kerja

PALANGKARAYA – Sebagai bentuk mepersiapakan mahasiswa tingkat akhir dan alumni agar siap untuk terjun dalam dunia kerja yang sesuai jurusan atau  bidang dan minat keahlian.

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Palangka Raya (FMIPA UPR) melaksanakan kegiatan Seminar Jobseeking For Freshgraduate, sabtu (2/9/2023)

Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung PPIIG UPR secara hybrid ini dibuka Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan yang mewakili Dekan FMIPA, Luqman Hakim, S. Si., M. Si.

“Kegiatan ini diharapkan memberi pengetahuan pada calon lulusan agar lebih siap menghadapi persaingan di dunia kerja yang terbatas jumlahnya, sebab dalam persaingan kerja kemampuan akademik saja tidak cukup untuk diandalkan,” kata Luqman.

Menurut Luqman, Dibutuhkan soft skill, etika dan mentalitas yang kuat untuk mampu bersaing dan sukses mendapatkan pekerjaan yang diharapkan.

Disisi lain, Ketua panitia kegiatan, Wahyu Anggar Wanto, S. Si., M.Si. menyampaikan pentingnya mahasiswa tingkat akhir dan alumni untuk mengetahui hal-hal teknis seperti pembuatan CV yang baik dan benar.

“mengetahui tips dan trik untuk menghadapi pewawancara serta mempersiapkan soft skill yang dibutuhkan mahasiswa dan alumni untuk menghadapi dinamika dunia kerja yang dinamis,” kata Anggar.

Agus Supriyono,S.Si.,M.S, merupakan (Assisten Vice President) Development Department Head – Human Capital Development Division PT BRI (Persero),Tbk memaparkan materi “Unlocking Success: Navigating the Professional World”. 

“Seminar job seeking ini bertujuan untuk memberikan ilmu kepada wisudawan dan mahasiswa tingkat akhir dalam mempersiapkan menghadapi dunia kerja,” kata Agus.

“membandingkan aktivitas Mahasiswa vs Dunia kerja, “dimana dunia kerja tentunya berbeda dengan aktivitas mahasiswa, namun dalam menghadapi dunia kerja dapat dipersiapkan jauh hari saat menjadi mahasiswa” tutur narasumber yang merupakan Alumni Master Human Resource Management Marshall University-USA.

Dirinya juga menyampaikan bahwa pentingnya kepemimpinan, karakter, komunikasi dan potensi pelamar kerja sangat menentukan recruiter mengambil  keputusan kandidat untuk mengisi kekosongan posisi dalam pekerjaan.

“Hal demikian dapat dilatih saat menjadi mahasiswa melalui aktivitas organisasi kemahasiswaan maupun organisasi diluar kampus,” bebernya.

Kegiatan ini juga dilakukan dengan membahas CV yang telah dipersiapkan oleh salah satu peserta dan juga simulasi interview anatara perseta dengan narasumber, dimana narsasumber juga pernah berpengalaman sebagai Recruitment & Assesment Department Head – PT BRI (Persero),Tbk.(a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: