Melalui Bimtek Penyuluhan Keamanan Pangan, Diharapkan Mampu Hasilkan Produk yang Aman bagi Konsumen

Kuala Kurun – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Mas melalui Dinas Kesehatan melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) penyuluhan keamanan pangan bagi pelaku usaha industri rumah tangga di wilayah setempat, yang dilaksanakan di GPU Tampung Penyang Kota Kuala Kurun, Senin (04/09/2023).

Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Kesehatan (PSDK) Dinas Kesehatan Gumas, Gutang mengatakan ada sekitar 70 perserta yang mengikuti kegiatan bimtek tersebut, yang berasal dari masyarakat umum atau pelaku usaha industri rumah tangga.

“Melalui kegiatan tersebut diharapkan peserta bisa mengaplikasikan proses operasional industri rumah tangga pangan berdasarkan prinsip keamanan pangan,” katanya, Selasa, (05/09/2023)

Selain itu diharapkan peserta juga memahami segala peraturan yang berlaku yang berkaitan dengan produksi pangan olahan.

Gutang menjelaskan bahwa industri rumah tangga pangan harus mampu memastikan terpenuhinya keamanan pangan di sepanjang jalur rantai pangan, dimulai dari tahap pengadaan bahan baku hingga tahap konsumsi.

“Hal ini agar dapat dihasilkan produk pangan yang aman sehingga tidak membahayakan kesehatan konsumen,” pungkasnya.

Beredarnya pangan yang tidak aman juga akan merugikan produsen, yaitu kehilangan kepercayaan dari konsumen dan bisa kehilangan peluang perdagangan. (Grn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: