Fakultas Kedokteran UPR Gelar Seminar Nasional Dan Konferensi Ke 3

PALANGKARAYA – Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya (FK UPR)  menggelar Seminar Nasional dan Konferensi Ke-3 dengan tema “Multifaceted Health Issues in a Warming World: Challenges and Solutions, Sabtu (29/7/2023).

Acara tersebut berlangsung sukses secara hybrid, luring di Gedung Pusat Pengembangan IPTEK dan Inovasi Gambut (PPIIG) Lantai 6 Universitas Palangka Raya.

Daring secara Zoom cloud serta Youtube Channel tersebut berhasil menarik perhatian 495 peserta online dan 76 peserta offline untuk kegiatan seminar.

Sementara itu, untuk kegiatan Call for Abstract terdapat 46 paper yang dikirimkan untuk dipresentasikan secara oral pada kegiatan ini.

Seminar Nasional dan Konferensi Ke-3 FK UPR tahun ini bertujuan untuk menjadi wadah bagi para akademisi, praktisi, dan pemerhati kesehatan dalam membahas isu-isu kesehatan yang semakin kompleks di tengah kondisi pemanasan global yang meningkat.

Dengan mengambil tema tersebut, FK UPR berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam menemukan solusi-solusi yang tepat untuk tantangan kesehatan di masa depan.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya, Prof. Dr. dr. Syamsul Arifin, M.Pd., FISPH., FISCM menyampaikan, Seminar Nasional dan Konferensi ini merupakan momen berharga bagi semua untuk bersama-sama memahami, menganalisis, dan mencari solusi terkait masalah kesehatan yang semakin kompleks di tengah perubahan iklim yang terus berlangsung dan peningkatan suhu bumi yang semakin panas.

Acara ini dihadiri oleh para peserta dari berbagai universitas, lembaga pemerintahan, rumah sakit, serta komunitas kesehatan di berbagai wilayah di Indonesia.

Beberapa topik penting yang dibahas dalam seminar dan konferensi ini meliputi dampak perubahan iklim terhadap kesehatan manusia upaya adaptasi dan mitigasi yang dapat dilakukan untuk menghadapi perubahan lingkungan.

Tema “Multifaceted Health Issues in a Warming World” juga membahas isu-isu kesehatan, yang semakin berkembang di era pemanasan global.

Berbagai penyakit akibat perubahan iklim menjadi fokus diskusi penting dalam sesi seminar yang disampaikan oleh para narasumber yang berasal dari berbagai institusi dan latar belakang keilmuan.

Pembicara pertama yaitu dr. Astrid Teresa, Sp.KK yang merupakan dokter spesialis kulit sekaligus dosen FK UPR membawakan materi berjudul “Heat-Related Dermatological Conditions: Diagnosis, Management, and Prevention”.

Kemudian sesi dilanjutkan dengan topik “Respiratory Health in a Warming World” yang disampaikan oleh Dr. dr. Gurmeet Singh, Sp.PD-KP dari RSCM-FKUI.

Sementara itu topik selanjutnya berjudul “Sunlight Exposure and Vitamin D Deficiency: Implications for Bone Health” dipaparkan oleh dr. Natsir Akil, Sp.PD-KR yang merupakan ketua IDI Balikpapan, Kalimantan Timur.

Topik penutup yang tidak kalah penting terkait “Laboratory Aspect of Vitamin D” disampaikan oleh dr. Tisha Patricia, Sp.PK, seorang dokter spesialis patologi klinik dan juga dosen FK UPR.

Oktaviani Naulita Turnip, salah satu peserta sekaligus panitia perwakilan dosen dari FK UPR, mengatakan kesan dan manfaat dari acara ini.

“Seminar dan konferensi ini membuka wawasan saya tentang hubungan antara perubahan iklim dan kesehatan manusia. Saya mendapatkan banyak informasi dan pengetahuan baru yang dapat saya terapkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama terkait dengan kesiapsiagaan menghadapi berbagai kondisi kesehatan yang terkait dengan perubahan lingkungan.” bebernya.

Seminar Nasional dan Konferensi Ke-3 FK UPR diakhiri dengan sesi tanya jawab yang interaktif, diskusi panel, serta serangkaian kegiatan bersifat sosial dan kebersamaan untuk memperkuat kerjasama dan jaringan antara para peserta.

Dengan suksesnya acara ini, Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya berharap dapat melanjutkan upaya nyata dalam memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan kualitas kesehatan masyarakat dan penanganan berbagai tantangan kesehatan global yang semakin kompleks seiring dengan perubahan lingkungan.(a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: