Melalui Bimtek Akreditasi Lembaga Pelatihan Kerja Tahun 2023, Persiapkan Tenaga Kerja

PALANGKARAYA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinasketrans) mengadakan acara pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Akreditasi bagi lembaga pelatihan kerja, Senin (17/7/2023).

Kepala Dinasketrans Kalteng, Farid Wajdi melalui Sekretaris Disnakertrans Provinsi Kalimantan Tengah, Diagus, menekankan pentingnya membangun budaya kompetensi kerja sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan memiliki keterampilan serta daya saing tinggi.

“Ia menjelaskan bahwa kompetensi kerja merujuk pada kemampuan kerja setiap individu, yang meliputi tiga aspek utama: pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja,” kata Diagus di Hotel Avicenna Palangkaraya.

Selain membangun budaya kompetensi kerja, Diagus juga menekankan bahwa kegiatan Bimtek Akreditasi Lembaga Pelatihan Kerja Tahun 2023 memiliki tujuan lain yang terkait dengan persiapan tenaga kerja untuk bersaing di pasar kerja.

Menurunya hal ini sejalan dengan implementasi Sistem Pelatihan Kerja Nasional yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2006.

Sejalan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2006 tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasional, salah satu unsur yang perlu diperbaiki dalam lembaga pelatihan kerja adalah penyelenggaraan pelatihan yang berbasis kompetensi atau Competency-Based Training (CBT).

“Pelatihan berbasis kompetensi adalah pendekatan dalam penyelenggaraan pelatihan yang berfokus pada pengembangan dan penilaian kompetensi kerja individu. Dalam pendekatan ini,”

“tujuan utama pelatihan adalah memastikan bahwa peserta pelatihan memperoleh dan menguasai keterampilan, pengetahuan, dan sikap kerja yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja.,” katanya menambahkan.

Dijelaskan lebih dalam bahwa kegiatan Bimtek Akreditasi Lembaga Pelatihan Kerja Tahun 2023 ini bertujuan untuk mempersiapkan tenaga kerja guna merebut pasar kerja.

Dengan mengikuti standar dan persyaratan yang tercantum dalam Sistem Pelatihan Kerja Nasional, lembaga pelatihan kerja di Kalimantan Tengah diharapkan dapat menyelenggarakan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan dunia kerja.

Adanya tenaga kerja yang terlatih dan memiliki kualitas kompetensi yang baik, diharapkan akan meningkatkan kesempatan bagi para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan dari peserta.(Ngel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: