SDN 3 Ketapang Lombakan ‘Bagarakan Sahur’

BERITAKALTENG.com – SAMPIT – SDN 3 Ketapang, Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) melaksanakan Festival Ramadan pada Jumat 14 April 2023 di halaman sekolah.

“Hari ini lomba Bagarakan Sahur, kemarin sudah dilaksanakan lomba Dai Cilik,”kata Kepala SDN 3 Ketapang Mardi Sumanteri.

Kegiatan diikuti seluruh kelas 1 sampai 6 ruang A dan B, sehingga totalnya ada 12 kelompok yang berisi lima orang tiap tim. Mereka tampil di atas panggung, ada yang membawa panci, kaleng bekas, galon, botol kaca lengkap dengan alat pukulnya, yang sering digunakan untuk membangunkan warga sahur, tak mau kalah ada juga siswa yang membawa gendang, rebana dan kecrekan.

Mereka bernyanyi lagu ala membangunkan sahur sembari memainkan alat musik yang mereka bawa, tabuhan kaleng bekas, galon, panci mengiringi suara membangunkan warga sahur. Aksi mereka menghibur para siswa lain yang menonton serta mendapat tepuk tangan dari dewan juri. Diketahui bahwa anak-anak latihan sekitar satu pekan untuk mempersiapkan mengikuti lomba.

Mardi menyampaikan saat ini tradisi Bagarakan Sahur sudah mulai hilang karena masing-masing sudah memiliki alarm untuk bangun sahur.

“Sedangkan zaman dulu belum ada alarm sehingga masyarakat berkeliling membangunkan warga sahur,” ujarnya.

Dengan kegiatan itu diharapkan siswa-siswi bisa mengenal tradisi bagaimana membangunkan warga sahur. Kegiatan Festival Ramadan dilanjutkan pada sore hari, para siswa-siswi juga menggelar buka puasa bersama pada diikuti kelas 6A 6B dan kelas 5A 5B di sekolah yang beralamat di Jalan H Imbran ini.

“Untuk pengumuman pemenang dan pembagian hadiah dilaksanakan pada hari Sabtu 15 April 2023, siswa-siswi tetap menggunakan pakaian muslim,” pungkas Mardi. (arl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: