Foto : Puluhan warga Buntok dan dari beberapa kecamatan lainnya di Barsel, tumpah ruah menyaksikan lomba Tanglong (Bagarakan Sahur) yang dilaksanakan oleh Pemkab Barsel bekerjasama dengan Pemuda Pancasila di Buntok, Rabu (12/4/2023) malam.

Puluhan Ribu Warga Buntok Antusias Tonton Lomba Tanglong

Foto : Puluhan warga Buntok dan dari beberapa kecamatan lainnya di Barsel, tumpah ruah menyaksikan lomba Tanglong (Bagarakan Sahur) yang dilaksanakan oleh Pemkab Barsel bekerjasama dengan Pemuda Pancasila di Buntok, Rabu (12/4/2023) malam.

Beritakalteng.com, BUNTOK – Puluhan ribu warga Buntok, Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan dan sekitarnya tumpah ruah di sepanjang jalan untuk menonton pelaksanaan lomba Tanglong (Bagarakan Sahur) di Buntok, Rabu (12/4/2023) malam.

Ribuan warga ini secara tertib berkumpul di sepanjang jalan yang menjadi jalur perlintasan rombongan peserta Tanglong, yakni di Jalan Tugu, Jalan Teratai, Jalan Melati, Jalan Panglima Batur, Jalan Pahlawan Bawah dan Jalan Merdeka Raya, kemudian finish kembali di Jalan Tugu, Taman Iring Witu.

Bahkan dari puluhan ribu warga tersebut, ada diantaranya yang datang dari beberapa kecamatan lainnya seperti Dusun Utara, Karau Kuala, Gunung Bintang Awai dan Dusun Hilir.

Madan (37) salah satu warga Pendang, Kecamatan Dusun Utara yang ikut menonton lomba tersebut, mengaku senang bisa menonton Tanglong tahun 2023 ini, karena tidak ada lagi rasa khawatir akan adanya Pandemi Covid-19.

“Hari ini saya bersama keluarga sengaja datang ke Buntok untuk menonton lomba Tanglong ini. Mumpung anak-anak libur sekolah bulan puasa, saya merasa karena tidak lagi perlu khawatir berlebih dengan adanya Pandemi Covid-19,” ucapnya.

Suasana meriah dan penuh sukacita tampak dari raut wajah para penonton, yang memang sangat merindukan adanya gelaran acara semacam ini, setelah beberapa tahun belakangan ini dibatasi akibat adanya Pandemi Covid-19.

“Kalau bisa tahun-tahun berikutnya lebih meriah lagi dan juga lebih banyak lagi pesertanya,” harap Eni (32) salah satu warga Buntok menimpali.

Sementara itu, Ketua MPW Pemuda Pancasila (PP) Provinsi Kalimantan Tengah, Muhammad Syauqie, saat diwawancarai di sela acara pembukaan mengatakan, bahwa kegiatan yang untuk kedua kalinya digelar setelah sebelumnya juga sempat digelar pada tahun 2022 ini, merupakan hasil kerjasama antara PP Barsel dan Pemkab setempat.

“Kami berterima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada pemerintah daerah Barsel, karena telah memberikan tempat dan memberikan ruang pada kami, sehingga adik-adik kami, anak-anak kami mempunyai kesempatan untuk berbuat baik,” tuturnya.

Dia berharap agar kedepannya semua unsur pemerintah daerah dan masyarakat setempat, akan memberikan ruang kepada PP untuk terus mengadakan acara-acara serupa di Barsel.

Hal ini, dia harapkan selain memberikan tempat dan ruang kepada umat muslim untuk mengekspresikan keagamaan melalui kreatifitas dan kebudayaan, juga bisa mengubah stigma negatif tentang PP di mata masyarakat luas.

“Yang jelas apa yang ditunjukan Pemuda Pancasila hari ini adalah sesuatu perubahan, yang tadinya negatif melihat PP, hari ini (bisa berubah menjadi positif),” pungkas Syauqie berharap.

Dalam kegiatan yang diikuti oleh 17 rombongan peserta ini, PHBI Masjid Al-Mukarramah, Kamper, keluar sebagai juara satu dan berhak atas hadiah Rp3 juta, serta piala dan sertipikat.

Sementara itu, juara kedua ditempati oleh Masjid Nurul Yakin, Jelapat yang berhak membawa pulang hadiah sebesar Rp2,5 juta. sedangkan tempat ketiga ditempati oleh Langgar Darul Hijrah, Jalan Agung yang berhak membawa pulang hadiah sebesar Rp2 juta.

Sedangkan juara Harapan 1, 2 dan 3 ditempati masing-masing oleh Langgar As-Syifa, Jalan Keladan, Tim Basahur, Pamait dan Habsyi Ar-Rahman dari desa Sababilah.(Sebastian)

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: