Butuh Semua Elemen untuk Majukan Dunia Pendidikan

BERITAKALTENG.com – SAMPIT – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menyebutkan, semua sektor harus saling bersinergi untuk memajukan dunia pendidikan agar sesuai dengan tujuan pendidikan nasional dan kurikulum yang berlaku.

“Tanggung jawab pendidikan itu ada di pemerintah, dunia usaha dan industri, serta masyarakat yang di wujudkan dengan komite sekolah. Mereka harus bersinergi dan bekerjasama dengan baik untuk memajukan pendidikan,” kata Plt Kepala Disdik Kotim, Irfansyah, Selasa 11 April 2023.

Lanjutnya, pendidikan akan maju lebih cepat jika seluruh pemangku kepentingan di dalamnya mempunyai rasa saling memiliki dan peduli terhadap kemajuan pendidikan. Salah satunya menyadarai adanya perubahan paradigma dalam dunia pendidikan.

“Diharapkan juga masing-masing pihak akan lebih terbuka atas ide satu sama lain. Sehingga terjalin koordinasi yang baik dan menemukan inovasi yang tepat untuk pelaksanaan kegiatan belajar mengajar bagi peserta didik di sekolah,”tegasnya.

Menurutnya, reformasi pendidikan harus jadi satu pergerakan dari atas sampai bawah, yang akan bertemu di titik tengah untuk bersama-sama menyelesaikan permasalahan yang ada.

“Guru juga sebaiknya tidak meremehkan perkumpulan antarguru, karena bisa menjadi kunci keberhasilan dalam satu tim. Tanpa feed back dari sesama anggota tim, bagaimana kita bisa menyelesaikan masalah. Sehingga dengan kerja sama akan muncul banyak ide dan jawaban-jawaban baru yang sebelumnya tidak terpikirkan,” ucapnya. (arl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: