FOTO :

Maret 2023, Kelompok Transportasi Sumbang Andil Tertinggi Inflasi Gabungan Palangka Raya dan Sampit

FOTO : Kepala BPS Kalimantan Tengah, Eko Marsoro

 

BERITAKALTENG.COM, Palangkaraya – Perkembangan harga berbagai komoditas pada Maret 2023 secara umum di Kota Palangka Raya dan Sampit menunjukkan adanya peningkatan.

Berdasarkan potret Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Tengah terlihat, inflasi gabungan Kota Palangka Raya dan Sampit pada Maret 2023, sebesar 0,50 persen.

Kepala BPS Kalimantan Tengah, Eko Marsoro menyampaikan bahwa pada Maret 2023, Inflasi gabungan Kota Palangka Raya dan Sampit terjadi karena adanya kenaikan indeks harga pada kelompok transportasi 1,32 persen.

“inflasi juga tejadi karena adanya kenaikan pada kelompok makanan, minuman, dan tembakau 1,00 persen; kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya 0,62 persen. kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya 0,30 persen. kelompok kesehatan 0,18 persen,” kata Eko dalam press release, Senin (3/4/2023)

Selain itu lanjutnya, kenaikan juga terjadi pada kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan 0,08 persen; kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran 0,07 persen; kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga 0,05 persen, dan kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga 0,02 persen. „

“Komoditas yang memberikan sumbangan inflasi pada Maret 2023 antara lain beras, angkutan udara, cabai rawit, bensin, rokok kretek filter, bawang putih, ikan tongkol/ikan ambu-ambu, ikan gabus, minyak goreng, dan emas perhiasan,” bebernya menambahkan. „

Sementara Komoditas yang memberikan sumbangan deflasi pada Maret 2023 antara lain daging babi, bawang merah, baju muslim wanita, gaun/terusan wanita, solar, daster, ikan selar/ikan tude, cumi-cumi, ketimun, dan sandal anak.(a2)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: