Tingkatkan Prestasi Melalui Pendidikan Karakter

BERITAKALTENG.com – SAMPIT – Pendidikan karakter yang diajarkan di lembaga pendidikan dinilai bisa membantu meningkatkan prestasi peserta didik, lantatan peserta didik akan memahami tugasnya sebagai seorang pelajar.

“Seperti kita ketahui bahwa proses globalisasi secara terus-menerus akan berdampak pada perubahan karakter masyarakat Indonesia. Kurangnya pendidikan karakter akan menimbulkan krisis moral,” kata Plt Kapala Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur, Susiawati, Senin 20 Februari 2023.

Yakni tambahnya, yang berakibat pada perilaku negatif di masyarakat, misalnya pergaulan bebas, penyalahgunaan obat-obat terlarang, pencurian, kekerasan terhadap anak, dan lain sebagainya.

“Maka dari itu penting pendidikan karakter dilaksanakan sedini mungkin, bisa melalui pembelajaran langsung maupun melalui kegiatan ekstrakurikuler wajib dan pilihan,” tegasnya.

Lanjutnya, hal ini merupakan cara paling baik untuk memastikan para peserta didik memiliki kepribadian dan karakter yang baik dalam hidupnya.Pendidikan ini dapat membantu meningkatkan prestasi akademik anak didik.

“Sebagian anak tidak bisa membentuk karakter yang kuat untuk dirinya di tempat lain. Sehingga perlu dibantu dalam mengarahkan mereka ke karakter baik agar dapat membentuk individu yang menghargai dan menghormati orang lain dan dapat hidup di dalam masyarakat yang majemuk,” pungkasnya. (arl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: