Para Guru Dituntut Optimal Dukung Peserta Didik

BERITAKALTENG.com – SAMPIT – Guru yang terlatih dan termotivasi adalah unsur paling mendasar untuk pembelajaran setelah siswa itu sendiri, terutama untuk meningkatkan pembelajaran bagi peserta didiknya di sekolah.

“Maka dari itu diperlukan guru terbaik dan mendukung secara lebih efektif baik sebelum mereka masuk kelas maupin sepanjang karir mereka,” kata Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur, Suyoso, Kamis 16 Februari 2023.

Lanjutnya, durasi pembelajaran di kelas itu cukup lama, yaitu jika guru terlatih, dia akan menggunakan waktu dengan efektif, tidak terburu-buru menghabiskan waktu atau tidak sia-sia menggunakannya dengan obrolan atau pembelajaran yang tidak bermanfaat.

“Guru terlatih akan lancar mengisi pembelajaran. Membuat suasana kelas menjadi menyenangkan dan siswa aktif mengikuti pembelajaran. Karena terlatih itulah guru mampu mengatur kelasnya dengan baik,” ucapnya.

Menurutnya, selain sarjana pendidikan atau gelar lainnya guru harus punya kualifikasi terlatih dalam menjalankan profesinya. Agar ia bisa mengatasi persoalan-persoalan pada saat mengajar.

“Kalau hanya terdidik saja itu banyak, namun yang terlatih ini jarang. Karena guru harus mempersiapkan diri dalam mengajar. Benar-benar memperhitungkan waktu, strategi, dan metode pembelajaran agar dapat menyelesaikan supervisi dengan maksimal,” pungkasnya. (arl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: