FOTO WEB : Ilustrasi pohon mangrove di tepi pantai.

Tanam Mangrove Jadi Solusi Pengamanan Pantai di Kobar

FOTO WEB : Ilustrasi pohon mangrove di tepi pantai.

 

BERITAKALTENG.com – PANGKALAN BUN – Bupati Kotawaringin Barat, Hj. Nurhidayah mengatakan bahwa pemda akan merencanakan penanaman pohon mangrove daerah pesisir pantai di Desa Keraya, Bogam, Kecamatan Kumai, Kotawaringin Barat. Menanam pohon mangrove dengan menjadikan hutan ditepi pantai untuk menahan ganasnya terjangan ombak yang mengikis bibir pantai. Abrasi pantai ini berdampak rusaknya pemukiman penduduk dan jalan poros.

“Program jangka panjang kami merencanakan membuat hutan mangrove di pesisir pantai, di tempat yang sering terjadi abrasi, kata Hj. Nurhidayah.

Bupati Kobar, menyampaikan ketika dalam acara peresmian Embung Danau Asam, bahwa Kabupaten Kotawaringin Barat memiliki pantai sepanjang kurang lebih 1700 Km yang perlu pengamanan. Yang mana terjadi abrasi pantai dan banjir rob.

“Kami dari Pemda Kobar mengusulkan program pengamanan pantai, hal ini sebagai permohonan Pemda kepada Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan II Provinsi Kalteng dapat memberikan dukungan dan memproses rencana pengamanan pantai tersebut,”

Hutan magrove selain menahan terjadinya abrasi pantai juga banyak fungsi dan manfaatnya,” tutur Hj. Nurhidayah pada Sabtu, (11/12/2021).

Menanggapi hal ini, Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan II, Ferry Syahrizal mengatakan bahwa pihaknya siap mendukung untuk konservasi dengan penghijauan menanam mangrove. Karena pohon mangrove dapat mencegah abrasi. Hal ini tentu kita bersinergi dengan daerah.

“Jadi perlindungan pantai tidak berupa fisik saja untuk menahan abrasi, seperti menggunakan kontruksi beton tetapi bisa dengan vegetasi menanam pohon mangrove. Dalam hal ini kita akan mendukung rencana program tersebut. Segala kesiapan di lapangan tentu kita sinergikan dengan daerah,” pungkas Ferry. (rd1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: