Sumpah Pemuda, Bupati Ajak Pemuda Barsel Bangkit Bersama Pemerintah

Foto : Bupati Barsel, H. Eddy Raya Samsuri, ST, mengajak seluruh pemuda di daerah setempat untuk turut ambil bagian dalam pembangunan.

Beritakalteng.com, BUNTOK – Bupati Barito Selatan, H. Eddy Raya Samsuri mengajak para pemuda di daerah setempat supaya bisa bangkit bersama-sama dengan pemerintah dalam melaksanakan pembangunan di daerah.

Pada peringatan hari paling bersejarah dalam semangat persatuan Indonesia ini, selain mengucapkan selamat hari sumpah pemuda kepada seluruh pemuda dan pemudi di Indonesia, Eddy juga mengajak agar para pemuda yang ada di Barsel bisa lebih kreatif membantu pemerintah menjadi pelopor di tengah dinamika pembangunan di daerah.

“Apalagi setelah kita didera oleh pandemi Covid-19 ini, marilah kita memasuki kehidupan yang normal, kita bangkit untuk bersama-sama bangkit membangun bangsa dan negara ini,” pesannya sesaat setelah memimpin upacara peringatan hari sumpah pemuda ke-93 tahun di Kantor Bupati Barsel, Kamis (28/10/2021).

“Terutama untuk membangun masalah ekonomi, membangun masalah sosial dan juga bersama-sama kita meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di Barsel,” lanjut Eddy menjelaskan.

Tidak lupa, ia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pemuda dan pemudi di Barsel yang selama ini telah turut serta memberikan bantuan kepada pemerintah, baik itu pokok pikiran maupun karya dan materi, guna pembangunan daerah bersemboyan Dahani Dahanai Tutung Tulus itu agar lebih maju lagi.

“Terima kasih selama ini, karena kerjasamanya untuk pemuda pemudi yang ada di Barsel, kita bersama-sama membangun daerah  kita ini menjadi yang lebih baik dan lebih maju lagi,” ucap Eddy.

Foto : Pimpin upacara peringatan hari Sumpah Pemuda ke-93 Tahun 2021, Bupati Barsel, H. Eddy Raya Samsuri, ST optimis pemuda dan pemudi di daerah setempat akan menjadi pelopor pembangunan yang bisa diandalkan di masa depan.

Hal tersebut sesuai dengan pidatonya saat menyampaikan pesan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dr. Zainudin Amali, M.Si di hadapan ratusan anggota Kepolisian, TNI, Satuan Organisasi Pemerintah Daerah (SOPD), Ormas dan tokoh agama, masyarakat serta adat yang hadir menjadi peserta upacara hari peringatan sumpah pemuda di lapangan kantor bupati Barsel.

Dalam pesannya, Menpora Amali menegaskan, tema hari Sumpah Pemuda 2021 bersatu, Bangkit dan Tumbuh, sesungguhnya diperuntukkan kepada seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi penting karena di tangan pemudalah kita berharap Indonesia bisa Bangkit dari keterpurukan akibat Pandemi dan melangkah lebih maju untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

“Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa. Tema Bersatu, Bangkit dan Tumbuh ini sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi penting karena di tangan pemuda lah kita berharap Indonesia bisa Bangkit dari keterpurukan akibat Pandemi dan melangkah lebih maju untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia,” kata Menpora Amali.

Pandemi Covid-19 yang masih melanda bangsa di belahan dunia termasuk Indonesia, tidak hanya berdampak pada kesehatan masyarakat, tetapi juga mempengaruhi kondisi perekonomian, pendidikan, dan kehidupan sosial masyarakat Indonesia. Bahkan dampak yang luar biasa terhadap 29,12 juta penduduk usia kerja.

Oleh karenanya, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan, baik untuk menanggulangi wabah Covid-19 di bidang kesehatan maupun menanggulangi dampak sosial dan ekonomi akibat pandemi.

Menpora mengungkapkan, penanganan CovidD-19 menunjukkan hasil yang sangat menggembirakan.

“Pencapaian ini tentunya bukan saja kerja pemerintah sendiri, akan tetapi partisipasi seluruh lapisan masyarakat terutama peran para relawan, ketaatan masyarakat terhadap protokol kesehatan dan juga kerja keras para tenaga medis,” ujar Menpora.

Amali menambahkan, pencapaian penanganan Covid-19 ini menjadi momentum bangsa Indonesia segera bergerak tumbuh secara ekonomi khususnya ekonomi yang mendorong kemandirian  pemuda dalam mensejahterahkan diri, dan memberikan dampak pada kesejahteraan bangsa secara keseluruhan.

“Terutama memulihkan kondisi ekonomi para pemuda sebagai segemen yang paling terdampak oleh situasi Covid-19 ini,” tambahnya.

Untuk itu, kata Amali lagi, momentum hari Sumpah Pemuda 2021 harus mampu menjadi perekat persatuan kita sebagai bangsa untuk bersama-sama bangkit melawan pandemi, serta mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang kokoh melalui kewirausahaan pemuda.(Sebastian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: