Bupati Katingan Sebut Kerugian Akibat Bencana Banjir Cukup Besar

Kasongan – Bupati Katingan, Sakariyas menyebut kerugian akibat bencana banjir di daerahnya dinilai cukup besar.

Hal ini terungkap saat Bupati Sakariyas didampingi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD, Roby memimpin rapat evaluasi pengendalian  kebakaran hutan dan lahan dan penetapan kerugian pasca banjir di ruang rapat bupati, Rabu (27/10/2021).

Selain membahas kebakaran hutan lahan yang ada di Kabupaten Katingan, rapat ini juga membahas mengenai dampak kerugian yang sudah terjadi pasca banjir tahun 2021 di Kabupaten Katingan.

Untuk kebakaran hutan dan lahan atau karhutla, Bupati Katingan Sakariyas mengaku kalau bencana karhutla yang biasanya terjadi hampir tiap tahun di daerahnya, namun untuk tahun ini daerahnya aman dari Karhutla itu.

Pasalnya, di sela cuaca panas diselingi oleh hujan. Tapi kadang hujan yang terjadi di daerahnya termasuk ekstrim alias di luar dari biasanya.

Akibat hujan yang ekstrim ini hingga menyebabkan bencana banjir di daerahnya yang terjadi hingga beberapa kali sejak akhir Agustus hingga awal November 2021.

Sakariyas menyebut dalam rentang tiga bulan itu daerahnya juga tiga kali kebanjiran. Namun banjir cukup besar terjadi awal September 2021 yang mengakibatkan banyak rumah warga terendam hingga melumpuhkan aktivitas masyarakat dalam beberapa hari.

Sakariyas mengaku cukup banyak kerugian akibat bencana banjir itu, dan paling banyak adalah kerusakan infrastruktur berupa jalan dan jembatan atau gorong-gorong.

Padahal sebagian infrastruktur yang rusak akibat banjir itu sedang atau dlalam tahap pengerjaan oleh kontraktor. (tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: