Pemkab Katingan Serius Dukung Pengembangan Budidaya Madu Kelulut

Kasongan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan mendukung pengembangan budidaya madu kelulut yang selama ini dilakukan sebagian warga.

Hal tersebut mengemuka dalam rapat pembahasan strategi pemasaran dan manajemen usaha pengelolaan madu kelulut di ruang rapat Bupati Katingan, Kamis,  (2/9/2021).

Sekda Katingan, Pransang yang memimpin rapat tersebut mengatakan pemerintah daerah mendukung pengembangan budidaya madu kelulut.

“Selain masyarakat, pejabat kita ada yang menyimpan atau menangkar madu kelulut untuk kebutuhan sendiri dan bisa menambah penghasilan,” sebutnya.

Pemerintah daerah, ujar Pransang, mendukung pengembangan budidaya madu kelulut ini.

“Kita mendukung ini dan harus tahu di Kabupaten Katingan jumlah pembudidaya penangkar madu kelulut maupun produksinya, ” katanya.

Untuk itu pihak dinas terkait agar melakukan pendataan nantinya agar dapat diketahui.  Jika memang produksinya banyak,  maka madu kelulut ini nantinya bisa saja menjadi ikon Kabupaten Katingan.

“Kita atur dengan regulasi yang jelas, sehingga menjadi budidaya yang betul-betul diandalkan,” imbuhnya.

Asisten II Setda Katingan, Ahmad Rubama yang juga Plt Kepala Disperindagkop mengatakan jika sejauh ini sudah banyak warga yang membudidayakan madu kelulut di daerahnya.

Namun, sejauh ini harga yang dipatok oleh pembudidaya masih bervariasi. Dan belum ada penampung yang bersedia membeli dalam jumlah banyak.

“Memang saat ini produksi madu kelulut dari UMKM kita lumayan, tapi masih bersifat terbatas belum jumlah besar,” imbuh Ahmad Rubama.

(tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: