Jaga Kebhinekaan, Dewan Kota Ajak Masyarakat Kedepankan Toleransi

FOTO: Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K. Yunianto.

 

BeritaKalteng.com, PALANGKA RAYA – Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu maupun pemberitaan yang berkaitan dengan suku, agama, ras dan antargolongan (SARA) selama masa Pilkada 2020. Jangan sampai mau dipecah belah oleh oknum tidak bertanggung jawab.

“Karena, jika sedikit saja kita terbawa suasana kemudian spontan percaya dengan isu-isu yang dapat memecah belah suku bangsa, terlebih berkaitan dengan SARA, tentunya kerukunan dan toleransi akan hilang secara perlahan, yang ada hanya perpecahan dan konflik,” Ucap Sigit, Sabtu (31/10/2020).

Sambung Politikus PDI Perjuangan ini menambahkan, penting kiranya untuk saling mengingatkan antara satu dan lainnya. 

Menjaga keberagaman yang sudah berjalan dengan baik selama ini di Kalteng, khususnya Kota Palangka Raya adalah tugas bersama. 

Semua pihak harus berperan aktif dalam mencegah penyebaran berita maupun isu yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan.

“Semua harus berperan aktif menjaga sikap toleransi dan kerukunan. Hindari semaksimal mungkin hal-hal yang dapat menimbulkan terjadinya konflik dan perpecahan. Sebaliknya jadikan keberagaman menjadi sesuatu hal yang patut disyukuri,” Ujar Sigit.

Ditambahkan Ketua Umum Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia (Adeksi) ini, jika mengetahui ataupun menemukan praktik penyebaran isu yang mana dapat menimbulkan perpecahan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, baik melalui selebaran gelap maupun media sosial (medsos), segera laporkan kepada pihak yang berwajib.

“Jika ada oknum pemangku kepentingan, ataupun pihak-pihak tertentu dengan sengaja dan telah terbukti melakukan penyebaran yang dapat memecah belah kerukunan masyarakat harus ditindak tegas sesuai dengan peraturan yang berlaku,” Bebernya.

Keberagaman suku, agama, ras, dan golongan yang sudah ada harus diterima sebagai rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa, untuk saling menolong, melindungi, dan menyayangi di dalam semangat ke Bhinekaan dan kesatuan. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUALNYA di 

KALTENGNEWS TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: