Pemda Kotim Minta Bahaya Peneluran Covid-19 Hendaknya Terus Disosialisasikan

 FOTO : Sekda Kotawaringin Timur, Halikinnor

Beritakalteng.com, SAMPIT – Menghindari kelalaian masyarakat dalam pencegahan Covid-19. Perlu adanya pemahaman secara terus menerus disosialisasikan kepada masyarakat tentang bahaya penularan Covid-19.

Sekda Kotawaringin Timur (Kotim), Halikinnor mengharapkan, jajaran Aparatur Negara Sipil (ASN) di daerah itu dapat berperan dan melibatkan diri untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dilingkungan tempat tinggalnya masing-masing.

“Peran ASN harus jadi yang terdepan dalam memberikan pemahaman tentang bahaya Covid-19. Para pegawai sangat strategis dan lebih dekat dengan masyarakat di tingkat RT bermukim,” kata Halikinnor, Selasa (5/5/2020).

Halikinnor menambahkan, para ASN bisa memberikan pemahaman baik itu secara langsung, atau bisa saja dilakukan lewat media sosial seperti aplikasi whatsApp untuk memberikan pesan sosialiasasi pada masyarakat terutama kepada tetangganya.

Dikatakannya, selama ini sosialisasi terus dilakukan oleh Pemkab Kotim agar sosialisasi lebih efektif, maka keterlibatan ASN sangat diperlukan. Sebelumnya pihaknya sudah mengintruksikan   camat, lurah, kepala desa RT/RW agar memberikan sosialisasi kepada warga agar mereka tahu tata cara pencehan virus mematikan itu.

“Pencegahan itu lebih aman di rumah saja, kalaupun harus keluar gunakanlah masker dan tetap lakukan atur jarak atau social distancing dan bila menyentuh sesutu segera cuci tangan pakai sabun,” beber Halikin.

Untuk itu, Sekda mengimbau kerjasama masyarakat dalam memutus rantai penyebaran Covid-19. Kalau ada warga merasa kontak dengan pihak yang dinyatakan positif segera melaporkan diri untuk melakukan isolasi mandiri atau isolasi sesuai arahan protokol kesehatan, sehingga upaya pemutusan mata rantai virus ini dapat diputus.(dro/a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: