Persiapan MTQ Tingkat Kabupaten Kotim Capai 80 Persen

CEK LAPANGAN : Camat Tualan Hulu Rusmanto saat mengecek kondisi lapangan yang akan digunakan untuk kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an tahun ini, Selasa (13/8/2019).

beritakalteng.com – SAMPIT – Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) 2019 tingkat Kabupaten Kotawaringin Timur akan dilaksanakan di Kecamatan Tualan Hulu. Setelah sebelumnya kegiatan tahunan ini diselenggarakan di Kecamatan Cempaga. MTQ di Kecamatan Tualan Hulu memasuki usia setengah abad atau 50 tahun.

Tentu dengan usia yang setengah abad ini diharapkan akan mampu menciptakan generasi yang cinta terhadap agama, khususnya kepada Alquran. Kegiatan ini menjadi momentum untuk bersama-sama menyiarkan agama dan ajang silaturahmi.

Camat Tualan Hulu Rusmanto menjelaskan, ini merupakan kegiatan pertama di wilayahnya, setelah dimekarkan pada 2009 lalu.

“Tentu kegiatan ini merupakan kegiatan yang akan diikuti 16 kecamatan yang ada di Bumi Habaring Hurung. Apalagi ini kegiatan pertama, pasti ada kekurangan dan masih dalam tahap pembangunan. Untuk saat ini persiapan kegiatan ini sudah mencapai 80 persen. Saat ini persiapan arena, dan tinggal panggung utama saja yang masih dalam tahap pengerjaan,” katanya kepada Kalteng Pos, Selasa (13/8).

Menurut Rusmanto, mulai dari pemondokan kafilah dan penanggung jawab sudah disiapkan oleh panitia. Begitu pula arena dan masjid yang akan digunakan saat kegiatan MTQ nantinya. Kegiatan ini nantinya diperkirakan akan dihadiri Bupati Kotim Supian Hadi, wakil bupati dan juga sekda serta para pejabat lainnya.

“Kegiatan MTQ ini akan dilaksanakan pada 24 sampai 29 Agustus 2019. Kemungkinan dewan juri, kafilah dan pendamping akan hadir sebelum pembukaan tersebut,” ungkapnya.

Meski saat ini lagi sibuk menyambut HUT ke-74 RI, tetapi panitia tetap semangat untuk menyelesaikan sisa 20 persen. Sehingga dalam kegiatan selama 6 hari nantinya semuanya sudah siap dan sukses saat kegiatan berlangsung.

Rusmanto mengharapkan kepada para kafilah dari Kecamatan Tualan Hulu nantinya bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin.

“Apalagi ini ajang perdana di kecamatan yang baru. Oleh sebab itu, kegiatan ini pula menjadi tolok ukur bagi wilayah Tualan Hulu agar MTQ ke depan menjadi semakin baik dan mampu memberikan yang terbaik,” harapnya. (agg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: