Jalur SNMPTN, Penerimaan Mahasiswa UPR Diminati SMA Se Indonesia

Foto : Wakil Rektor Bidang Akademik UPR, Prof Dr Ir Salampak Dohong MS

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- Penerimaan mahasiswa baru di Universitas Palangka Raya (UPR), dilakukan melaui 3 (tiga) jalur, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Wilayah Barat.

Dari ketiga jalur penerimaan tersebut, yang pertama kali dilaksanakan adalah SNMPTN. Untuk tahun 2020 ini, jumlah pendaftar SNMPTN di UPR mencapai sebanyak 2.602 orang. Jumlah ini meningkat dari tahun 2019 yang hanya 2.042 pendaftar.

Dari 2.602 pendaftar, yang memilih UPR sebagai pilihan pertama sebanyak 1.684 pendaftar. Sedangkan, 918 pendaftar lainnya memilih UPR sebagai pilihan kedua. Sedangkan kuota penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN minimal 20 persen.

Wakil Rektor Bidang Akademik UPR Prof Dr Ir Salampak Dohong MS mengatakan, peminat UPR dari Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kalteng, kalah dibandingkan SMA dari Sumatera Utara (Sumut). Namun, pendaftar dari Kalteng lebih banyak dibandingkan dari Sumut.

“Di Provinsi Kalimantan Tengah hanya 171 dari 375 SMA yang mendaftar di Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) guna terdaftar sebagai peserta SNMPTN. Sedangkan dari Sumatera Utara ada 247 SMA,” kata Salampak didampingi Koordinator Teknologi Informasi dan Komunikasi Pusat UTBK UPR V, Abdi Gunawan, kepada wartawan, Rabu (24/03).

Berdasarkan data itu, Salampak berharap Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng mendorong SMA yang ada di daerah ini, dapat mendaftar sebagai peserta SNMPTN. Pasalnya, jumlah SMA di Kalteng yang terdaftar sebagai peserta SNMPTN, masih minim.

Pihaknya berharap, terutama para pelajar asli putra putri daerah Kalteng, yang lulus pendidikan jenjang SMA/SMK/SLB dapat mengikuti SNMPTN. Oleh sebab itu, harus didorong dan didukung oleh pemerintah setempat. “Pemerintah daerah perlu turun tangan, agar SMA di Provinsi Kalimantan Tengah ini mendaftar sebagai peserta SNMPTN di Universitas Palangka Raya,” Imbuh Salampak.

Dirinya juga menambahkan, berdasarkan data pendaftaran SNMPTN, untuk peminat masuk ke UPR melalui jalur SNMPTN hampir berasal dari seluruh provinsi di Indonesia, kecuali SMA dari Papua Barat.

“Saat ini animo pelajar, yang ingin masuk ke UPR terbilang sangat tinggi. Ini menunjukkan bahwa kualitas pendidikan di universitas tertua dan terbesar di Provinsi Kalteng ini, tidak kalah bersaing dengan perguruan tinggi di daerah lainnya, di Indonesia,” pungkasnya.(YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: