Pengobatan Massal Dampak Asap, BI Gandeng TNI-AD

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- Salah satu bentuk aksi kepedulian sosial kepada masyarakat. BI Perwakilan Kalteng bekerjasama dengan Korem 102/PJG, Denkesyah 12.04.02 RS.TNI-AD TK.IV melaksanakan kegiatan pengobatan massal bagi masyarakat Kota Palangka Raya.

Kegiatan sosial yang dilaksanakan di kawasan Pelabuhan Rambang  mendapat animo tinggi dari masyarakat. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya masyarakat yang mendatangi lokasi untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Menurut Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi BI Kalteng, Setian mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian BI terhadap masyarakat.

Terlebih lagi saat ini, dengan kualitas udara di Kalteng, khususnya di Kota Palangka Raya dan sekitarnya, terbilang kurang sehat. bahkan berdampak terhadap kesehatan masyarakat.

Seperti dampak penyakit yang timbulkan akibat kabut asap ini. Atas dasar itu, maka pihaknya pun melaksanakan pengobatan gratis kepada masyarakat.

“Mengingat, kami bukanlah orang yang ahli dalam bidang kesehatan, maka kami pun dalam kegiatan pengobatan gratis ini, menggandeng mitra dari jajaran Korem 102/Pjg, melalui kesatuan kesehatan militer Rumah Sakit TNI AD. Karena mengingat kita juga kebetulan memiliki program yang sama,” kata Setian, Selasa (17/9).

Setian berharap, melalui kegiatan pengobatan gratis hari ini dapat membantu masyarakat, yang terdampak kabut asap. Untuk target sendiri sekitar 400 orang, dan dimungkinkan dilakaanakan hingga sore hari nanti.

Baja Juga : Konsistensi Kebijakan BI  Mengarahkan Ekspektasi Inflasi

Selain sebagai bentuk kepedulian sosial BI bersama TNI-AD, dirinya juga mengharapkan aksi kepedulian ini dapat membantu masyarakat khsusunya dalam bidang kesehatan.

Disisi lain, menurut Komandan Korem 102/Pjg Kolonel Arm Saiful Rizal SSos, melalui Kasiter Korem 102/Pjg, Letkol.Inf.Agus Salim mengatakan, beberapa keluhan yang disampaikan oleh masyarakat.

Diantaranya, adalah keluhan-keluhan pernafasan dan pusing, akibat partikel-partikel udara, yang tidak baik untuk kesehatan masyarakat.

“Pada pengobatan gratis ini, kami menurunkan tim medis, yang berasal dari detasemen kesehatan. Selain melakukan pemadaman, kami juga melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, melalui pengobatan gratis,” terang Agus.

Ditambahkannya, target peserta yang diharapkan, adalah 350 orang, terutama yang berasal dari masyarakat sekitar. Dengan harapan melalui kegiatan pengobatan gratis hari ini dapat meringankan beban masyarakat, terlebih lagi yang terpapar kabut asap.

Dilain pihak, Kepala Rumah Sakit TNI-AD Kapten CKM. dr. Yudi Akbar Manurung menyampaikan, ketersedian baik tenaga medis maupun obat-obatan, masker atau oksigen sudah dipersiapakan dengan lengkap.

“secara teknis semua sudah lengkap. Karena asap sekarang ini mengandung karbon monoksida, ada keluhan lain yaitu pusing, lemas dan lain-lain selain penyakit yang berhubungan dengan saluran pernapasan” kata Yudi.

Dirinya juga menginformasikan kalau sekarang ini Rumas Sakit TNI-AD menyediakan rumah oksigen. Apabilan ada masyarakat mengalami sesak napas, pusing, lemah dan sampai mau pingsan. Segera ke instansi atau rumah sakit terdekat yang menyiapkan rumah oksigen.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun. jumlah tim medis yang diikutsertakan dalam pengobatan gratis sebanyak 30 orang. 4 diantaranya dokter, serta tim paramedis yakni perawat, farmasi, laboratorium dan analis kesehatan.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan pembagian obat-obatan gratis sesuai kebutuhan, serta pelayanan kesehatan lainya seperti pemberian oksigen, serta pembagian masker.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: